[Hari 5] Materi dan Presensi Pelatihan Asesmen Nasional




Materi PPT: https://drive.google.com/file/d/1ascRwi_17z9ETnVKwT6agSzkrfLP_tfJ/view?usp=sharing

Materi Youtube: https://youtu.be/_vGTG6weDV4

40 komentar:

  1. Maaf sy baru gabung dihari ke 5

    BalasHapus
  2. Apakah pengalaman belajar bisa di nilai dari Asesmen

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas materinya selama pelatihan.
    Hari ke 3,4 presentasi saya kok belim tercentang ya,saya selalu isi absenya 🙏

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah bisa mengikuti pelatihan ini dari hari ke 1 sampai hari ke 5...
    tapi ceklis daftar hadirnya baru 1 aja yg terceklis.. mohon admin atau panitia dapat mengecek kembali presensi kami ... terima kasih

    dari : Fitria Potabuga, S.Pd
    Instansi : SDN 1 BIGA - Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara

    BalasHapus
  5. Mohon maaf.saya cek di daftar hadir,belum dicentang,padahal saya ikuti terus kegiatan ini dari tgl 6 Sept,tks

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah tetap setia mengikuti Pelatihan dari hari pertama sampai ke 5
    Dan mengerjakan semua tugas dan rangkuman yang diminta dan sdh mengisi Presensi dari hari 1 sampai ke 5. Tetapi yg di cek list oleh Panitia baru hari 1 dan ke 2.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah sudah dapat mengikuti pelatihan sampai hari ke 5, sudah mengisi daftar hadir juga walaupun baru hari 1,2 yg terceklis. Terimakasih kepada para pemateri atas ilmunya yang sangat berguna.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah bisa mengikuti Diklat sampai hari ini ,sangat menarik dan menambah wawasan saya tentang Asesmen Nasional
    Terimakasih semoga selalu sehat dan bisa mengikuti Diklat berikutnya🙏🙏👍🙏🙏

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah sudah dapat mengikuti pelatihan AKM sampai hari ke 5, banyak sekali mendapat manfaat dari pelatihan AKM ini, tetapi ceklist saya baru satu, dimohonkan agar diceklis sampai hari ke 5

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah....pelatihan ini sangat bermanfaat,menambah wawasan.

    BalasHapus
  11. Selamat siang,SD NEGERI 50 SARAY, PAPUA BARAT mohon maaf saya sudah absensi hari pertama - jari keempat,tidak bisa masuk absensi hari kelima karena tidak ada nomor peserta,mohon bantuannya, TERIMA KASIH

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah dan Terimakasih atas pelatihannya mengenai AKM, sedikit banyak saya sudah mengetahui tentang AKM semoga saya bisa menerapkan disekolah🙏.

    BalasHapus
  13. Saya bersyukur ikut pelatihan ini apalagi menyangkut AKM hal baru bagi saya

    BalasHapus
  14. alhamdulillah finally done. banyak sekali manfaat yg didapat dari pelatihan ini. terima kasih

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah telah selesai mengikuti pelatihan ini dari hari ke pertama hingga hari ke 5.
    tapi ceklis daftar hadirnya baru 1 saja yg terceklis. tolong panitia mengecek kembali presensinya.

    dari : Hamsia, S.Pd asal sekolah SMA Negeri 1 Nosu.
    terima kasih

    BalasHapus
  16. FITRIANA FIOLINA, S.Pd
    SMPN17 PESAWARAN

    materi hari ini
    Tindak lanjut laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum
    1. Mengidentifikasi 4 kategori tingkat penguasaan kompetensi
    Tingkat kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru dalam berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat kompetensi siswanya.

    2. Perbedaan pembelajaran berbasis kompetensi dengan berbasis konten

    Kekuatan pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada fleksibilitasnya karena siswa dapat belajar sesuai dengan tingkat kompetensinya. Hal ini mendukung siswa yang mempunyai latar belakang pengetahuan yang beragam, tingkat literasi yang berbeda dan bakat terkait lainnya. Namun pembelajaran berbasis kompetensi tentu memiliki tantangan tersendiri bagi guru, yaitu guru harus mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswa termasuk literasi dan numerasi. Kemampuan ini dilihat melalalui laporan hasil AKM siswa.

    3. Analisis kategori penguasaan mompetrnsi untuk tindak lanjut pembelajaran
    Contoh analisis tingkat kompetensi dari penjelasan tahapan penguasaan Marc Rosenberg (2012 berdasarkan  kebutuhan, pendekatan, struktur pembelajaran. 

    4. Merekomendasikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil laporan Asesmen Kompetensi Mininum

    Keterlibatan tingkat kompetensi siswa dalam pembelajaran dapat dilihat melalui contoh mata pelajaran IPS berikut. Disajikan bacaan berisi materi mengenai koperasi: menjelaskan definisi, fungsi, manfaat dan beragam contoh baik. Guru diharapkan dapat menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa. Misalnya:

    • Siswa pada tingkat Perlu Intervensi Khusus yang belum mampu memahami isi bacaan, siswa hanya mampu membuat interpretasi sederhana. Sehingga Guru IPS tidak cukup hanya menggunakan materi bacaan tersebut. siswa perlu diberikan bahan belajar lain secara audio, visual dan pendampingan secara khusus. 

    • siswa pada tingkat Dasar telah mampu mengambil informasi dari teks, namun tidak memahami secara utuh isi topik koperasi. siswa dapat diberikan sumber belajar pendamping dalam bentuk catatan singkat atau simpulan untuk pemahaman yang utuh.

    • Siswa pada tingkat Cakap sudah mampu memahami dengan baik isi teks mengenai koperasi, namun belum mampu merefleksi. siswa dapat diberikan pembelajaran identifikasi kondisi lingkungannya, mengaitkan dengan fungsi dan manfaat koperasi. 

    • siswa pada tingkat Mahir sudah mampu memahami isi bacaan dan merefleksi kegunaan koperasi dari teks yang diberikan. Guru dapat melakukan pembelajaran berupa menyusun beragam strategi pemanfaatan koperasi.

    5. Segitiga belajar : Kurikulum, Asesmen dan Pembelajaran

    Kurikulum merupakan seperangkat kompetensi yang penting dikuasai oleh siswa dengan menggunakan cara belajar dan penilaian tertentu. Pengembangan kurikulum, selain mengacu pada tantangan dunia nyata, juga harus mengacu pada hasil penilaian dan refleksi proses pembelajaran.

    Pembelajaran merupakan serangkaian aktivitas yang dirancang dan dilakukan di kelas berdasarkan kompetensi awal siswa dan untuk mencapai sasaran kompetensi yang telah ditetapkan pada kurikulum. 


    Asesmen merupakan suatu proses mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan sejumlah informasi yang terkait dengan pencapaian kondisi siswa dan penguasaan suatu kompetensi tertentu. Ada 3 jenis asesmen, yaitu:

    • Asesmen diagnosis merupakan asesmen yang dilakukan di awal untuk merancang strategi pembelajaran. 

    • Asesmen formatif merupakan asesmen sepanjang proses pembelajaran untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian pembelajaran. 

    • Asesmen sumatif merupakan asesmen di akhir untuk menentukan level penguasaan kompetensi oleh siswa.

    BalasHapus
  17. Alhamndulillah telah selesai mengikuti mengikuti pelatihan

    BalasHapus
  18. Nama : Saina Pulukadang, S.Pd.I., M.Pd.
    Instansi : SMA Negeri 7 Makassar

    Materi hari ke 5 memberikan pemahaman dan pengalaman baru, kita bisa mengetahui informasi tindak lanjut dari laporan hasil Asesmen Nasional, Sasaran Asesmen dan Laporan AKM.
    Terima Kasih untuk para pemateri yang hebat.

    BalasHapus
  19. Dalam asesmen yang dinilai adalah kompetensi bukan topik

    BalasHapus
  20. makasih dgn adanya pelatihan ini selama 5 hari maka sy SBG tenaga pengajar SDH dapat ilmu tentang AN

    BalasHapus
  21. Terimakasih banyak buat Ibu atas materi yang sudah di sampaikan, sangat bermanfaat untuk pelaksanaan Asesmen Nasinal

    BalasHapus
  22. Mohon maaf kami telat, karna jadwal tumburan dg pembukaan orientasi PPG. Jadi baru bisa ngirim presensi, smg masih diterima. Terimakasih

    BalasHapus
  23. Saya presensi tiga hari berturut-turut tapi cuma diceklis 2
    Hari ini pertemuan ke-5 saya juga absen semoga masuk

    BalasHapus
  24. Saya presensi empat hari berturut-turut tapi cuma diceklis 2, Hari ini pertemuan ke-5 saya juga sudah absen semoga masuk🙏.

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah sudah memngikuti pelatihan sampai hari ke 5... Terimakasih... sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah dengan mengikuti seminar ini menambah wawasan

    BalasHapus
  27. Meningkatkan kwalitas siswa dan guru

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum admin., Saya ingin menyampaikan., Kenapa di presensi saya pada hari ke-4 kosong ? Padahal saya mengikuti pelatihan terus dari hari ke-1 sampai 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya selalu chat admin secara pribadi mulai hari pelatihan ke-3

      Hapus
  29. Analisis kategori penguasaan mompetrnsi untuk tindak lanjut pembelajaran
    Contoh analisis tingkat kompetensi dari penjelasan tahapan penguasaan Marc Rosenberg (2012 berdasarkan kebutuhan, pendekatan, struktur pembelajaran.

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah sdh ceklis sampai hari ke 5, pengumuman kok belm ada link admin??? Sertifikat gmn?

    BalasHapus
  31. Kok hari 5 nya gk bs isi presentasi ya
    Adakah yg seperti sy

    BalasHapus
  32. Semoga apapun yang saya pelajari disini bisa saya terapkan dengan baik untuk kepentingan anak didik saya.

    BalasHapus
  33. Terimakasih materi ilmunya dan sangat bermanfaat serta menambah wawasan sebagai seorang pendidik

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. terima kasih atas semua ilmunya,sangat bermanfaat

    BalasHapus