Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional
Kriteria Peserta Pelaksanaan Asesmen Nasional
Asesmen Nasional akan diikuti oleh
seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta
program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen
Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang
dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional
akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2,
tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.
Mengapa Asesmen Nasional hanya diikuti oleh sebagian siswa?
Hal ini terkait dengan tujuan dan fungsi Asesmen Nasional. Asesmen
Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa
sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa menjadi
kewenangan pendidik. Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan evaluasi
sistem. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu
sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa
perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi
dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas
yang menjadi target dari Asesmen Nasional.
Mengapa yang menjadi sampel adalah siswa kelas V, VIII dan XI?
Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan
pembelajaran. Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar siswa
yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran
ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional
juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan
pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di
sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil
belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.
Perlu diketahui, selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan
diikuti oleh semua guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan.
Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi
informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap
satuan pendidikan. Sementara Asesmen Kompetensi Minimum untuk pendidikan
kesetaraan berfungsi sebagai ujian kesetaraan.
BUTIR SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM
Bagaimana butir-butir soal yang akan diberikan dalam Asesmen Nasional,
khususnya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)? AKM merupakan bagian dari Asesmen
Nasional yang mencakup asesmen kompetensi mendasar, yaitu literasi membaca dan
asesmen kompetensi numerasi.
Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
Murid
kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi
membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa
kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi
literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.
AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya. Oleh karena itu seluruh siswa akan mendapat soal yang mengukur kompetensi yang sama. Keunikan konteks beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran dan peminatan tercermin dalam ragam stimulus soal-soal AKM. AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.
Setelah mempelajari materi hari ini, silahkan isi kolom komentar dengan apa yang telah Bapak/Ibu pelajari hari ini beserta nama dan instansi. Jangan lupa isi presensi berikut sebagai tanda telah menyelesaikan pelatihan hari kedua.
Pada pelatihan hari ketiga besok kita akan membahas tentang AKM literasi membaca.
Salam sehat selalu.
- Aufa Maulida Fitrianingrum
Siapp hadirrr
BalasHapusSiap hadir hari ke 2
HapusHadiiiir
HapusHadir
BalasHapusI Gede Warmadika Pasek, S.Pd
SMP Negeri 3 Denpasar
owh jadi soal ya di bedakan ya utk kls V 30 soal dan kls VIII kls XI sama 36 soal
Hapussaya kira sama
Apakah materi yg diatas itu temasuk pelatihan hari ke-2 ? Karena kok sama dengan yg pelatihan di hati ke-1 ?
BalasHapusYa
HapusTidak sama
Siap hadir
BalasHapusHadir
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSiap,hadir
BalasHapusTeknis pelaksanaan disesuaikan dengn kemampuan siswa ditinjau dari pemahaman teks literasi dan perkembangan numeralisasi
BalasHapusHadir dan siap menyimak
BalasHapusSiap hadir
BalasHapusHadir
BalasHapusHadir
BalasHapusAlhamdulillah. Siap hadir di materi kedua ini
BalasHapusHadir bos
BalasHapusPelaksanaan asesmen ini sebenarnya bermanfaat, tetapi ada kendala besar bagi sekolah-sekolah di pelosok pedalaman yang tidak ada fasilitias komputer bahkan tidah ada sinyal, pertanyaan saya, kira2 apa solusi dan jalan keluar yg diberikan utk mengatasi hal tersebut, terima kasih
BalasHapusAss,,,, Hadir
BalasHapusSemangat belajar bapak/ibu
BalasHapusSalam dari SMA Swasta Al-Ulum Medan
Sangat bermanfaat.
BalasHapusBaru hadir dihari ke 2.
Assalamualaikum, hadiir
BalasHapusAssalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh hadir
BalasHapusIsnaeni Burhan.S.Pd.MM SDN 1 PELAMBUA Kabupaten Kolaka hadir
BalasHapusDyah Puspita Sri Wulandari, S.Pd dari SDN 1 Jurug
BalasHapusAsesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan
Assalamualaikum...hadir dan menyimak🙏
BalasHapusHadiiiir
HapusNama: Yulisman,S.Pd
BalasHapusInstansi: SMP NEGERI 31 PADANG
Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.
Assesment Nasional diikuti oleh siswa kelasn5,8,dan 11 dimana guru dan kepala sekolah juga ikut serta.
BalasHapusBentuk Akm terdiri dari soal pilihan ganda,pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat,dan uraian.
Akm disusun berdasarkan indikator² kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar bersifat kontinue
terima kasih atas kebijakannya...
BalasHapusRani Rahmahdini, S.Pd dari SMA Negeri 76 Jakarta
BalasHapusMateri hari ini tentang teknis pelaksanaan Asesmen Nasional. Selain itu juga dibahas kriteria peserta pelaksanaan asesmen, nasional, butir soal asesmen kompetensi minimum. Tipe soal AKM berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi
Sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih telah berbagi ilmu tentang teknis pelaksanaan AKM.
BalasHapusDwi Kartika
BalasHapusSDN Glagahsari III
Hadir
AN ini memang perlu sosialisasi kepada semua pihak. Mungkin juga perlu adanya simulasi jadi akan tau seperti aap nantinya teknis dari pelaksanaan serta tindak lanjut hasil untuk ke depannya 🤗
Dari kegiatan ini semakin memahami AN ini
TEKNIK PELAKSANAANYA KLU GURU KAPAN YA
BalasHapusAssalamu'alaikum wr.wb.
BalasHapusKhairul Darlis, S.Pd
UPT SD Negeri 09 Sungai Aro Kab. Solok Selatan
Hadir
SIAP HADIR DAN MENYIMAK
BalasHapusYg saya pelajari dari materi hari ini :
BalasHapusAN diikuti satuan pendidikan,tidak semua murid mengikuti/ menjadi peserta AN karena untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan, yg menjadi sampel adalah siswa kelas V, VII dan XI saja serta pemilihan siswanya secara acak dan setiap siswa mengerjakan tes literasi membaca, numerasi, survei karakter dan lingkungan belajar.. untuk butir soal yg ada di AN terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda komplex, menjodohkan, isian singkat dan uraian ., Murid kelas 5 mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir untuk mengukur kompetensi numerasi, sedangkan untuk kekas VIII dan XI butir soal literasi membaca dan numerasi ada 36 butir soal
Yg atas typo bukan kelas VII tp kelas VIII 🙏
HapusAtas nama : NUR KHALIMA, S.Pd dari SDN CUKURGULING I LUMBANG
HapusMenurut saya AN lebih keren dibandingkan UN
BalasHapusKomang hery suarcana,hadir
BalasHapusNI KADEK JULIANINGSIH, S.Pd. (SD HAINAN SCHOOL)
BalasHapusAsesmen Nasional dibagi menjadi AKM, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Peserta AN sudah ditentukan oleh pusat secara acak yaitu siswa kelas 5 (jenjang SD), kelas 8 (jenjang SMP) dan kelas 11 (jenjang SMA). Siswa terpilih dari kelas 5,8, dan 11 agar mereka dapat merasakan perbaikan di tahun selanjutnya setelah nilai AN keluar. AN bertujuan untuk menilai mutu satuan pendidikan, bukan mengevaluasi peserta didik.
Pada soal AKM, terdiri dari soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. Terima kasih.
Nama Endah Rosita Kurniasih S.Psi
BalasHapusInstansi SMP NEGERI 2 GIRIWOYO
AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri
Hadir Encep Saripudin, S. Pd. I SDN 4 Kersamanah
BalasHapusI Putu Agus Yudi Arthawan, S.Pd
BalasHapusHadir
Pada hari kedua kita mempelajari tentang Kriteria Peserta Pelaksanaan Asesmen Nasional
Assalamu'alaikum.
BalasHapusAsesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu.
Yang saya pelajari yaitu AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM menguji kompetensi mendasar tiap siswa.
BalasHapusNAMA : MUHAMAD HARDINA GUNTORO,S.Pd
INSTANSI : SMP NEGERI 6 RAHA
Hadir
BalasHapusElia Sari, S.Ag, M.Pd.
BalasHapusAN tidak digunakan sebagai penentu kelulusan, krn AN berfungsi untuk memetakan Pendidikan Nasional sehingga peserta AN diambil dari kelas tengah dari setiap jenjang pendidikan
Asta Minda hadir dan sudah mengisi presensi
BalasHapusNasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.
BalasHapusHadir menyimak dan membaca
BalasHapusMaaf baru hadir di hari kedua...
BalasHapusNama: KHAIRINA. A, S. Pd
Instansi: SMP N 1 Sungai Penuh
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
BalasHapusSUHERLINA S.Pd,SMKN 1 SUSUKAN Siap menyimak materi hari kedua
Elia Sari, S.Ag, M.Pd.
BalasHapusSDN Pringapus 01
AN tidak digunakan sebagai penentu kelulusan, krn AN berfungsi untuk memetakan Pendidikan Nasional sehingga peserta AN diambil dari kelas tengah dari setiap jenjang pendidikan
Dengan mengikuti pelatihan AKM akan lebih banyak ilmu yang akan di dapatkan, dan semoga bisa meningkatkan semangat belajar bagi siswa siswi di sekolah.
BalasHapusHadir
BalasHapusSangat bermanfaat sekali.
Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM.
AN berbeda dengan UN.
BalasHapusPada UN Menentukan Kelulusan Peserta Didik sehingga nilai yang diperoleh tidak bisa diperbaiki atau diitngkatkan lagi serta hanya mengacu pada mata pelajaran tertentu.
Pada AN Tidak menentukan kelulusan tetapi memberikan informasi yang akurat dan menyeluruh tentang perkembangan kompetensi literasi, numerasi dan karakter peserta didik. Sehingga memungkinkan untuk menjadi acuan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran dis sekolah.
UN Pesertanya adalah semua siswa tingkat akhir.
AN Pesertanya adalah semua komponen sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan, Perwakilan Siswa yang diacak oleh Kemendikbud.
Bagus sekali pembahasan hari initentang teknis pelaksanaan sesmen nasional (AN) untuk memperbaiki pembelajaran kita.
BalasHapusAN berbeda dengan UN, UN hanya menilai peserta didik secara perorangan, sedangkan AN menilai lembaga pendidikan secara menyeluruh, UN hanya menilai cognitif sedangkan AN menilai literasi, numerasi serta karakter peserta didik, UN dilaksanakan untuk kelas 6,9,12 yang akan menuntaskan jenjang pendidikan sehingga sulit untuk melaksanakan tindak lanjut perbaikan sedangkan AN untuk peserta Didik kelas 8, 11 sehingga ada kesempTn untuk mengadakan tindak lanjut perbaikan.
BalasHapusAKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya.
BalasHapus*MUHAMMAD NUR SAPUTRA - SMAN 3 KALUKKU*
Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.
BalasHapusAKM mempunyai kriteria soal seperti Pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, uraian, isian singkat, menjodohkan
Hadir siap menyimak
BalasHapusTKS,siap hadir
BalasHapusKHUSNUL AKHIRIN, S.Pd. dari SDN 2 Tamanan Kec. Trenggalek
BalasHapusYang saya pelajari hari ini adalah teknis pelaksanaan Asesmen Nasional. Dijelaskan juga peserta pelaksanaan asesmen, nasional, butir soal asesmen kompetensi minimum. Ada 5 tipe soal AKM yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
Butir soal yg dikerjakan siswa SD lebih sedikit dibandingkan dengan siswa SMP dan SMA, dima SD ada 60 soal dibagi 2, dan SMP ada 72 dibagi 2.
Syafri Yoza, S.Pd. dari SMK Negeri 1 Kepulauan Mentawai
BalasHapusDari penyampaian meteri hari ini dapat disimpulkan bahwa AN dilaksanakan pada kelas 5 untuk jenjang SD, 8 untuyk tingkat SMP, dan kelas 11 untuk SMA/MA/SMK. Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.
penyampaian materi mudah dimengerti
Rosidah SDN pasirsari 03....Terima kasih untuk ilmunya
BalasHapusTerimakasih atas ilmunya
BalasHapusAsesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.
BalasHapusAKM mempunyai kriteria soal seperti Pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, uraian, isian singkat, menjodohkan.
"Siti Qomariah, S. Pd SMP AL-Zamzami
AN dibagi 3 yaitu AKM,Survey kareakter dan Survey lingkungan belajar.AkM dilaksanakan secara Adaptif.Kreteria peserta AN
BalasHapusSeluruh satuan pendidikan
Tidak semua murid
Pemilihan sampel secara acak
Diambil dari kelas 5.8.11
Setiap peserta mengerjakan tes literasi membaca,numerasi,survey karakter dan lingkungan
Nama : Ni Dewa Ayu Putu Novita Pradnya Iswari, S.Pd
BalasHapusIntansi : SD No. 1 Kekeran
Komentar : Dari penjabaran materi yg ada kita menjadi tahu perbedaan AN dan UN. Dengan adanya Asesmen Nasional survey terhadapat satuan pendidikan menjadi lebih terarah dan menjakup banyak hal antara lain AKM, survey karakter dan survey lingkungan. Asesmen juga dilaksanakan menyuluruh siswa, guru serta kepala sekolah sehingga penilaian terhadap mutu sekolah menjadi lebih kompleks.Dengan adanya AKM secara adaptif akan memudahkan siswa dalam menjawab butir soal dimana soal AN sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki siswa. Dan saya harapkan Asesmen Nasional ini berjalan secara berkelanjutan dan menyelusuruh kesemua jenjang pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia semakin meningkat. Terima kasih
Assalamualaikum,wr, Alhmdulillah masuk.hari kedua .Materi hari ini sangat menarik ,Bagaimana Penerapan Asesmen Nasional AMBK yang berada di pedalaman yang komputer dan sinyal tidak tidak terpenuhi sedangkan pelaksanaan UN ini serentak.Bgmn menghadapi masalah tersebut?
BalasHapusSiap mengikuti pelatihan hari ini
BalasHapusHadir dan menyimak materi
BalasHapusNAMA : KHALISYAH LISTIANI, S.Pd
BalasHapusINSTANSI: SDN BAGAMBIR
Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM.Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
Mela Nurlatipah dari SDN Pasirsari 03 Cikarang Selatan
BalasHapusSalah satu kelebihan dari ASsesmen Nasional itu dilaksanakan di kelas 5,8,11 jadi anak bisa merasakan perbaikan di kelas selanjutnya
1. AN hanya diikuti oleh sebagian siswa karena tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam AN,karena yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari AN.
BalasHapusButir soal dalam Asesmen Nasional AKM,terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Dengan adanya Asesmen Nasional ini diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.
BalasHapusNama: Barikatun LAna, S.Pd
Instansi: SD Negeri Ngaluran 3
salam sehat dan semangat Bapak/Ibu guru
Saya Rabiatul Sakban Miah, S.Pd dari Instansi MTsN 6 Tabalong Kalimantan Selatan. Menurut saya, Materi hari ini sangat menarik, AKM yg awalnya membingungkan, menjadi jelas dan dapat saya jelaskan kembali kepada kawan sejawat di sekolah saya bertugas. Intinya adalah AKM sendiri mempunyai bentuk soal yang sama dengan UN,yaitu berupa pilihan ganda, namun karakteristik isinya yang jauh berbeda, AKM sendiri hanya berupa literasi dan numeralisasi. AKM sendiri tidak di kerjakan oleh seluruh siswa kita, hanya diambil beberapa sampel saja. Tujuan dari Assesment Nasional itu patut kita coba, demi kemajuan pendidikan kita.
BalasHapusInsyaallah siap hadir dan menyimak materi ke-2 hari ini
BalasHapusAsesmen Nasional dilaksanakan melalui teknik AKM, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional berisi Asesmen literasi dan Asesmen Numerasi. Peserta Asesmen Nasional ini siswa kelas 5, 8 dan kelas 11, yang diambil secara acak.Tujuan nya untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan.Bentuk soal dalam Asesmen Nasional terdiri dari Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, dan Uraian.
BalasHapusNi Putu Kurmaeni, S.Pd. dari SD Negeri 5 Pedungan
BalasHapusBerdasarkan pemaparan materi yang disampaikan hari, saya dapat mempelajari tentang Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional
Kriteria Peserta Asesmen Nasional
1. Diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia
2. Tidak semua siswa terlibat dalam AN tetapi hanya kelas 5, 8, dan 11 dimana siswa dipilih secara acak oleh pemerintah
3. Setiap siswa mengerjakan tes literasi membaca, tes literasi numerasi, survey karakter, dan survey lingkungan belajar
4. Asesmen Nasional dilaksanakan selama 2 hari
Selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh semua guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan.
AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang mencakup asesmen kompetensi mendasar, yaitu literasi membaca dan asesmen kompetensi numerasi.
Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
Terima kasih
Pada materi hari kedua ini saya mempelajari:Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.
BalasHapusSelain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh semua guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan. Sementara Asesmen Kompetensi Minimum untuk pendidikan kesetaraan berfungsi sebagai ujian kesetaraan.
Setiap siswa kompetensi nya berbeda..
BalasHapusNama: Azhari Akbar, S. Sn
BalasHapusSMA Negeri 1 Lhoknga
Ada beberapa hal penting yang kita pelajari hari ini:
1. Bahwa peserta AKM adalah Siswa di pertengahan yaitu kelas V,VIII, dan XI.
2. Durasi pelaksanaan berbeda untuk setiap jenjangnya karena jumlah soalnya juga berbeda. Semakin tinggi jenjang semakin lama.
3. Ada 3 hal yang diukur, yaitu?: gambaran umum kompetensi Siswa, suvey karakter dan survey lingkungan belajar.
4. AKM tidak menentukan kelulusan Siswa hanya memberikan gamabaran kompetensi siswa saja.
5. Peserta AKM tidak ditentukan oleh sekolah tapi ditentukan kemdikbud secara acek.
6. Ada 5 bentuk soal AKM yaitu : pilihan ganda, uraian, pilihan ganda kompleks, menjodohkan dan isian singkat
Hadir n menyimak materi dengan semangat.
BalasHapusEka Widiawati, S.Pd.
BalasHapusMTsN 2 Bombana hadir
Dalam pelaksanaan asesmen nasional dilakukan pada jenjang pendidikan untuk tingkat SMA kls XI tujuannya agar bisa melihat kemampuan siswa di bagian Mana yang kurang apakah di literasi atau numerasi
BalasHapusKemudian pada bentuk soal antara UN dan AN ada perbedaannya,pada AN bentuk soalnya meliputi :
1. Pilihan ganda kompleks
2. Menjodohkan
3. Uraian
NAMA : NURSADIA MADJID, S.Pd., M.P.
BalasHapusINSTANSI : SMP NEGERI 4 RAHA
Setelah mengikuti webinar diperoleh pemahaman tentang teknik pelaksanaan asesmen nasional, kriteria yang peserta dalam pelaksanaan asesmen nasional (diantaranya : mengapa asesmen nasional hanya diikuti oleh sebagian siswa dan mengapa yang jadi sampel siswa V, VIII, dan XI) serta butir soal yang akan digunakan dalam asesmen kompetensi minimum yang terdiri atas pilihan ganda, piloihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian).
Asesmen Nasional di lakukan di kelas 5 untuk tingkat SD, Kelas 8 untuk tingkat SMP dan Kelas 11 untuk tinkat SMA dan yang dinilai adalah mutu satuan pendidikan atau kualitas sekolah bukan kualitas peserta didik secara pribadi, dan yang mengikuti Asesmen Nasional ini ada guru dan siswa yang dipilih secara acak.
BalasHapusSamsul Hairi, S.Pd.
BalasHapusSMA SYEKH ABDUL QODIR AL JAILANI RANGKANG KEC. KRAKSAAN KAB. PROBOLINGGO
Asessment Nasional dibagi menjadi 3 bagian
1. Asessment Kompetensi Minimum
a. Literasi
b. Numerasi
2. Survei Karakter
3. Survei Lingkungan Belajar
Assalamualaikum,,
BalasHapusLisa Sabitillah, S.Pd, Gr
SMP Negeri 1 Kuala, Hadir dan menyimak..
Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.
Materi hari ini kami dapat menetahui kriteria pelaksaaan Asesment Nasional dilaksanakan oleh seluruh satuan pendidikan,pemilihan sampelseara acak, diabil dari kelas 5,8 dan 11, setiap siswa menyelesaikan tes literasi membaca, tes literasi numerasi,survei karakter dan survei lingkungan belajarHal ini terkait dengan tujuan dan fungsi Asesmen Nasional. Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa menjadi kewenangan pendidik. Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan evaluasi sistem. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Dan alhamndulillah hari ini ada pemahaman lebih banyak lagi tentang Asesment Nasional...trimakasih buat nara sumber untuk materix hari ini.
BalasHapus1. Pilihan ganda, siswa hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.
2. Pilihan ganda kompleks, siswa dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu
3. Menjodohkan, siswa menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang
merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
4. Isian singkat, siswa dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
5. Uraian, siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.
NAMA : KHALWATIYAH,S.Pd
HapusUNIT KERJA : SMP NEGERI 4 RAHA
Materi hari ini bisa menambah wawasan saya tentang Asesment Nasional khususnya tentang bagaimana pelaksanaan dan mekanisme Asesment Nasional.
Asesmen nasional sangat bagus karena hasil dari Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.
BalasHapusHadir
BalasHapusSiap hadir..
BalasHapusMuhammad Mundir - SMK PGRI 4 Pasuruan
kelebihan dari ASsesmen Nasional itu dilaksanakan di kelas V,VIII,XI agar siswa bisa merasakan perbaikan di kelas selanjutnya
Link materi ke 2 dimana?
BalasHapusNama : Musdalifah Mustafa, S.Pd
BalasHapusInstansi : MTs. Nurul Jadid
Materi :
Hasil Asessmen Nasional ini akan diberikan kepada Sekolah sebagai upaya untuk perbaikan mutu dan kualitas secara menyeluruh. sehingga bisa berbenah dari apa yang telah dilakukan selama ini. dan yang paling penting, di AN ini perlu diterapkan pembelajaran berbasis kompetensi.
Bentuk soal AN yaitu pilihan ganda,pilihan ganda komplek,isian singkat dan uraian.indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersipat kontinum
BalasHapusHadir
BalasHapusHari ini hari kedua atau ketiga sh BPK ibu?
BalasHapusHadir dan menyimak
BalasHapusImam Ari Purmarinto, S.Pd
Bentuk Akm terdiri dari soal pilihan ganda,pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat,dan uraian.
BalasHapusAkm disusun berdasarkan indikator² kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar bersifat kontinue
Butir soal AKM merupakan bagian dari Asessmen Nasional yang mencakup Asesmen Kompetensi mendasar yaitu literasi membaca dan asesmen kompetensi Numerasi
Nama : Melinda Candrawati, S.Pd
BalasHapusInstansi : SD Negeri Kubangputat 01
Mau bertanya kebetulan kemarin instansi saya sudah melakukan simulasi AKM tetapi terdapat kendala seperti jaringan yg sulit di akses serta website yg sering trouble karena laptop tidak support.
Apa yg harus kami lakukan terkait kendala tersebut?
Murni Sormim hadir dan sudah mengisi presensi
BalasHapusIsmiyati Marfuah, S.Pd
BalasHapusSMK Muhammadiyah 6 Gemolong
Kriteria peserta UN :
- seluruh satuan Pendidikan
-tidak semua murid
- pemilihan sampel secara acak
- peserta dari kelas 5,8,11
- semua peserta mengerjakan tes literasi membaca, tes literasi numerasi, survey karakter dan survey lingkungan belajar.
Teknis pelaksanaan asesmen nasional terdiri dari 3 yaitu asesmen kompetensi minimal(AKM) survey karakter,dan survey lingkungan belajar.
BalasHapuskriteria peserta AN adalah : seluruh satuan pendidikan , tidak semua murid,pemilihan sampel secara acak, diambil dari kelas 5,8,11setiap peserta mengerjakan tes literasi survey karakter dan survey lingkungan belajar.
Bentuk soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks,menjodohkan,isian singkat dan uraian.
NAMA : WA RITA, S.Pd
INSTANSI : SMP NEGERI 4 RAHA
Hadir
BalasHapusSebaiknya pada saat apa assesment dilakukan dan kriteria apa yg hrs dimiliki oleh seorang asesor assesment ?
BalasHapusAsesmen nasional hanya di ikuti sebagian siswa... bentuk soal asesmen terdiri dari:Pilihan Ganda,Pilihan Ganda kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat dan Uraian
BalasHapusAni Juartini, S.Pd hadir dan siap menyimak
BalasHapusHari ke 1 kemarin hadir juga tapi belum ceklis, terima kasih.
BalasHapusberapa jumlah minimum siswa yang dijadikan sampel dalam pelaksanaan AN untuk jenjang SD.
BalasHapusAsesmen Nasional hanya di ikuti sebagian Siswa
BalasHapusSiap menyimak
BalasHapusSARI ANGGI PERTIWI,S.Pd.
BalasHapusInstansi : SDN SUMBEREJA 02 hadir dan menyimak materi Hari ini mengenai Teknis Pelaksanaan AN dimana yang menjadi peserta adalah siswa kelas V SD/ sederajat, VIII untuk SMP/sederajatdan XI untuk SMA/sederajat. Untuk soal pada jenjang SD sebanyak 30 soal literasi dan 30 soal numeras sementara SMP dan SMA sebanyak 36 soal literasi dan 36 soal numerasi dimana soal pilihan ganda yang menjadi soal pokoknua
Fauziah Fadlah,S.Pd SDN 106864 Hutanauli
BalasHapusHadir dan menyimak
Hadiirr
BalasHapusMateri kedua ini membahas tentang teknis pelaksanaak AN, jenis soal AN, AN terbagi 3 yaitu AKM, survey karakter dan survey lingkungan.
BalasHapusHadir
BalasHapusTeknis ANBK, kriteria penentuan peserta dan butir soal AKM, Widya Anggraini, SMK Katolik St.Louis Surabaya
BalasHapusSiap hadir dan menyimak..
BalasHapusAti Nirwani,S.Pd ( SMP N 26 Banjarmasin)
BalasHapusAN diikuti oleh seluruh satuan pendidikan dari tingkat sekolah dasar dan menengah serta program kesetaraan. Di detiap satuan pendidikan diikuti oleh sebagian siswa klas 5, 8 dan 11.
AN tidak menentukan kelulusan siswa tapi bertujuan untuk memetakan mutu sekolah. Pemilihan jenjang kls 5, 8 dan 11 dengan maksud agar siswa yang mengikuti AN bisa merasakan perbaikan pembelajaran pada jenjang berikutnya.
Bentuk soal AN terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda komplek, menjodogkan, isian singkat dan uraian.
Eka okta susyanti Spd
BalasHapusSD N 3 Sukadana baru
Marga tiga Lampung timur
Tujuan Asesmen nasional adalah Asesmen nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu.
Asesmen nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolahdan sistem pendidikan secara keseluruhan.
Siang
BalasHapusSaya sudah melihat materinya dan sudah isi presensi
Di mana bisa download materinya pak?
Assalamu'alaikum Wr. Wb
BalasHapussudah 2 hari saya mengisi link absensi, setelah dikirim dan di cek, tidak ada juga nama saya,, kira2 apa permasalahannya y admin e-sky?
Nama : Scholastica Trisa Yualita, S.Pd (SMK St Louis Surabaya)
BalasHapusAsesment nasional terbagi menjadi 2 yaitu literasi atau membaca dan numerasi atau berhitung yang kebanyakan soalnya berkaitan dengan kehidupan nyata
Bentuk soal yang digunakan dalam asesment nasional tidak hanya pilihan ganda saja tetapi menggunakan soal uraian, menjodohkan, benar-salah dan tipe lainnya
Sedangkan tujuan dari assesment nasional bukan sebagai penentu kelulusan siswa tetapi untuk memetakan mutu sekolah.
Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.
BalasHapusFatrah Suleman Utia, S.Pd - SMP Negeri 1 Gorontalo
Assalamu'alaikum Wr. Wb
BalasHapussudah 2 hari saya mengisi link absensi, setelah dikirim dan di cek, tidak ada juga nama saya,, kira2 apa permasalahannya y admin e-sky?
kami dari 1 sekolah, 4 orang,, sudah isi absensi,, tapi belum juga muncul direkap...
Diyah semiati hadir dan menyimak
BalasHapusAN akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan Tingkat Dasar dan Menengah.Sasarannya adalah kelas V,VIII,dan XI yg dipilih secara acak.dengan tujuan agar mereka dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika msh di sekolah tersebut.
BalasHapushadir pada hari kedua
BalasHapusPoin penting dari Asesmen Nasional adalah dilaksanakan pada sebagian siswa kelas V, VIII, dan XI, dengan tujuan memperbaiki pembelajaran agar lebih baik daripada sebelumnya.
HapusBentuk sol AKM meliputi :pilihan ganda,pilihan ganda kompleks, menjodohkan,uraian dan uraian singkat. Soal AKM untuk jenjang SD sebnyak 60 nomor yang terbagi atas 30 butir soal literasi dan 30 butir soal numerasi, sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA masing-masing 36 soal literasi dan 36 butir soal numerasi.
BalasHapusSetelah mempelanari materi Hari ke 2 jadi dapat men get a hui tujuanna dari Asesman, bentuk soal dan jumlah soal yang harus diselesaikan... FATHULLOH, S. Pd Hadir
BalasHapusAsesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.setiap peserta mengerjakan tes literasi membaca, numerisasi, survey karakter dan lingkungan belajar, AN bertujuan untuk memetakan mutu pendidikan
BalasHapusAsesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.
BalasHapusterimkasih, pelatihan AKm ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya yg kebetulan mengajar di kelas 5 jenjang sekolah dasar sebagai acuan untuk membimbing peserta didik untuk mengenali AKM dan cara-cara pengerjaan soal-soal dan jenis-jenis soal AKm itu seperti apa, dengan mengikuti pelatihan ini saya merasa lebih percaya diri untuk berhadapan dengan siswa untuk pembinaan AKM ini. Terimakasih. sampai jumpa lagi pada hari ketiga besok.
BalasHapusLelly Indriyani Devika Sari, S.pd
BalasHapusSDIT AL - MUNAWWAR
Untuk hari kedua ini mempelajari tentang pelaksanaan Assemen Nasional
Mulai dari bagaimana
1.kriteria pelaksanaan Asesmen Nasional
2.siswa kelas berapa saja yang mengikuti AN dan ditentukan secara acak, sehingga yg dapat mengikuti AN adalah kelas (5, 8, dan 11), dan tidak hanya siswa saja AN juga diikuti oleh semua guru, dan kepala sekolah.
3.Bentuk soal AKM yang akan dipakai yaitu terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
4. Banyaknya butir soal yang dikerjakan, yaitu kelas 5 (mengerjakn 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi), kelaa 8 dan 11( 36 butir soal kompetensi literasi dan 36 butir soal kompetensi numerasi)
4.AKM ini dilakukan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri.
Nama : Jenerius Sembiring,S.Pd
BalasHapusInstansi :SMK Negeri 1 Lahewa Timur
Komentar : Asesmen Nasional Cara utk memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan.
karena peserta tdk seluruh siswa tetapi hanya sebagian(sampel)dari populasi setiap sekolah pd setiap jenjang yg menjadi target Asesmen Nasional,yang dimana nanti ny Asesmen Nasional akan menjadi DASAR perbaikan pembelajaran.
PERTAYAANNYA : BAGAIMANA SEKOLAH YG DI PELOSOK NEGERI TIDAK LENGKAP DENGAN SARANA&PRASARANANYA SEPERTI JARINGAN???
AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya. Oleh karena itu seluruh siswa akan mendapat soal yang mengukur kompetensi yang sama. Keunikan konteks beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran dan peminatan tercermin dalam ragam stimulus soal-soal AKM. AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.
BalasHapusSudah 2 hari mengisi daftar hadir tp nama sy SANAN,S.Pd belum juga ditemukan
BalasHapusMuhammad Imran
BalasHapusMIN 1 Berau
Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua murid perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi murid di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi sampel dari Asesmen Nasional.
Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual. Namun Asesmen Nasional menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional akan dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.
La Ode Muhammad Jaya, S.Pd - SMPN 6 Raha
BalasHapusAKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.
Nama : Pebri Jayanti
BalasHapusInstansi : SD No. 4 Taman
Pada hari ini saya telah mempelajari mengenai: Teknis pelaksanaan asesmen nasional, kriteria pelaksanaan asesmen nasional, serta butir soal asesmen kompetensi minimum.
Nama : Mahadi, S.Pd
BalasHapusNama Instansi : SDN 042 Tarakan
Materi hari ini membahas teknik pelaksanaan asesmen nasional.
Menjelaskan kriteria peserta, yang diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Tujuan dan fungsi Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.
Rakiyah Jauhar,S.Pd
BalasHapusSDN Wasah Hilir 2
Kec.Simpir Kab.HSS
Pada materi hari ke-2 menjelaskan tentang :
-Kriteria Peserta Pelaksana AN
-Teknik Pelaksanaan AN
-Butir Soal AKM
Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan
BalasHapusBentuk Akm terdiri dari soal pilihan ganda,pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat,dan uraian.
Akm disusun berdasarkan indikator² kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar bersifat kontinue. Sri Agustining,SPd.SD SDN Setia Asih 06
Kadir Polo, SMP NEGERI 1 KONTUNAGA, materi teknik AN,AN terdiri dari AKM, survey karakter, survey lingkungan belajar. AKM terdiri dari AKM literasi dan AKM numerasi. Pelaksanaan AN dilakukan secara acak, SD kelas 5, SMP kelas 8, dan kelas 11 untuk SMA.Butir soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat, dan uraian
BalasHapusBerdasarkan pemaparan materi yang disampaikan hari ini, saya dapat mempelajari tentang Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional
BalasHapusKriteria Peserta Asesmen Nasional
1. Diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia
2. Tidak semua siswa terlibat dalam AN tetapi hanya kelas 5, 8, dan 11 dimana siswa dipilih secara acak oleh pemerintah
3. Setiap siswa mengerjakan tes literasi membaca, tes literasi numerasi, survey karakter, dan survey lingkungan belajar
4. Asesmen Nasional dilaksanakan selama 2 hari
Asesmen Nasional di lakukan di kelas 5 untuk tingkat SD, Kelas 8 untuk tingkat SMP dan Kelas 11 untuk tinkat SMA dan yang dinilai adalah mutu satuan pendidikan atau kualitas sekolah bukan kualitas peserta didik secara pribadi, dan yang mengikuti Asesmen Nasional ini ada guru dan siswa yang dipilih secara acak. Neneng Latifah,S.Pd.SD SDN.SETIA ASIH 06
Komentarpun TDK terpublikasi
BalasHapusAsesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional. Target Pemilihan jenjang kelas yakni kelas V, VIII dan XI,di maksudkan agar siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan.
BalasHapusSalam,
Vivi Pebrianti, S.Pd
SMA Negeri Masewe
Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. IYUM,S.Pd SDN Setia Asih 06
BalasHapusNama : Hasnawati, S.Pd
BalasHapusUnit Kerja : SDN Wasah Hilir 2
Kec. simpur Kab. HSS Kalimantan Selatan
Pada materi hari kedua ini tentang pelaksanaan Asesmen Nasional
Asesmen Nasional dibgai 3 macam yaitu :
1. Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) yang meliputi Asesemen Lterasi Membaca (memahami, menggunkan, mengevauasi dan merefleksi) dan Asesmen numerasi (memahami, mengapikasi dan bernalar)
2. Survey Karakter
3. Survey Lingkungan Belajar
Asesmeen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM.Asesemen Nasional hanya diikuti oleh sebagian siswa . Hasil asesment nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan.
Bentuk soal asesmen nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan , isian singkat dan uraian
Nama : Yuanita Hari Prawesti, S.Si
BalasHapusAsal sekolah : SMK Katolik St. Louis Surabaya
Hal-hal penting yang dipelajari hari ini:
1. Peserta AKM adalah Siswa di pertengahan yaitu kelas V,VIII, dan XI.
2. Durasi pelaksanaan berbeda untuk setiap jenjangnya karena jumlah soalnya juga berbeda. Semakin tinggi jenjang semakin lama.
3. Ada 3 hal yang diukur, yaitu: AKM yg terdiri dari literasi/membaca dan numerasi/berhitung, suvey karakter dan survey lingkungan belajar.
4. AKM tidak menentukan kelulusan Siswa hanya memberikan gambaran kompetensi siswa saja.
5. Peserta AKM tidak ditentukan oleh sekolah tapi ditentukan oleh diknas secara acak dengan mempertimbangkan karakter dan lingkungan siswa.
6. Ada 5 bentuk soal AKM yaitu : pilihan ganda, uraian, pilihan ganda kompleks, menjodohkan dan isian singkat
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : WAHYUDI PRASETIYO, S.Pd
BalasHapusSEKOLAH ASAL : SDN 16 GEDONG TATAAN PESAWARAN LAMPUNG
HADIR DAN MENYIMAK
NUR HIDAYAT, S.Pd. SMP Negeri 4 Raha
BalasHapusTeknik pelaksanaan AN terdiri dari 3 yaitu AKM, Survei Lingkungan Belajar, dan Survei Karakter.Peserta AN terdiri dari siswa kelas V SD, kelas VII untuk SMP, dan kelas XI untuk SMA dan dipilih secara acak oleh Kemenristek.AN diikuti oleh sebagian siswa, hal ini sesuai dengan tujuan dan fungsi AN. AN tidak digunakan untuk menentukan kelulusan. Hasil,AN diharapkan menjadiu dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. pemilihan kelas V, VIII , dan XI memberi kesempatan kep[ada para peserta untuk mempebaiki pembelajarannya. Jenis soal yang digunakan adalah pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian, dan uraian. Siswa kelas V akan menjawab 30 soal literasi dan 30 Numerasi, SMP dn SMA akan menjawab 36 Soal literasi dan numerasi. AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinun.
Siap hadir menyimak materi hari ke 2
BalasHapusWarniati Suciatiningsih S.Sos.I, smpn 2 banjaran.
BalasHapusYang dipelajari hari ini: Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa menjadi kewenangan pendidik. Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan evaluasi sistem. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan.
saya Norhalimah, S.Pd dari SDN Telaga Langsat
BalasHapusdari materi yang saya pahami di hari kedua ini yaitu tentang teknis pelaksanan ANBK dimana secara umum terbagi menjadi asesmen kompetensi minimum, survey karakter dan survey lingkungan belajar. Asesmen kompetensi minimum itu sendiri terbagi menjadi asesmen literasi dan asesmen numerasi.
adapun kriteria peserta ANBK yaitu dipilih sample dari kelas 5,8 dan 11 dari satuan pendidikan tersebut karena pada kelas tersebut siswa sudah dianggap mampu memahami dan merefleksikan bagaimana lingkungan belajar dan karakter mereka sehingga dapat dijadikan pemetaan mutu sekolah tersebut.terima kasih.
Meisita Zarni,S.Pd
BalasHapusSD Negeri 22 Meulaboh, Aceh Barat
AN dapat di nilai melalui 3 tahap yaitu AKM, survey karakter dan survey lingkungan belajar
Soal² di sesuaikan dengan kemampuan siswa.
Siswa yg ikut AN di acak dan berasal dari jenjang kelas V, VII dan XI.
Muhammad Sigit Wibowo,S.Pd
BalasHapusSMP NEGERI 2 SIMPANG HULU
Seharusnya sarana dan prasarana dipenuhi terlebih dahulu
Hadir, terima kasih ilmunya
BalasHapusMengapa kriteria siswa yang menjadi peserta AKM kok hanya diambil 45 siswa ? Menurut saya seharusnya peserta ANBK semua siswa , sehingga validitas hasil bisa dipertanggungjawabkan
BalasHapussetelah melihat Vidio dan materi saya sdg mulai ngerti mengapa AN hanya sebagian siswa dan mengapa hanya pada Siswa kelas V , VIII dan XI
BalasHapushari ini kita belajar tentang teknis pelaksanaan AN yang mencakuo AKM (Literasi,numerasi) Survey karakter dan survey lingkungan belajar
BalasHapusKriteria peserta AN adalah. anak kelas tengah di masing masing jenjang dengan tujuan agar setelah memperoleh hasil Assesment siswa tetsebut masih bisa merasakan perbaikan mutu sekolah
selain siswa semua warga sekolah ikut assesment juga hanya tidak semua.
butir soal asesment terdiri atas PG,PG kompleks,menjodohkan.isian singkat.dan uraian
AN bertujuan untuk melihat mutu pendidikan bukan untuk menentukan kelulusan individu.
Fera Yulfa , s.Pd SDN 53 GEDONG TATAAN HADIR..
BalasHapusAKM akan terlaksana bila kreteria peserta didik maksimal .nah bagaimana kalau tdk memenuhi kreteria..
AKM disusun berdasarkan indikator indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum
BalasHapusASNAH HARIYANI,S.Pd/SDN 002 SAMBALIUNG
Nurul Huda, S.Pd TK Nurul Qur'an As Shafa
BalasHapusAN dilaksanakan pada pertengahan. Bukan akhir seperti UN, yg dimana diharapkan setelah pelaksanaan AN dapat dilakukan perbaikan pembelajaran. Adapun poin poin yg di nilai dalam AN adalah
1. Survey AKM didalamnya ada tes literasi dan numerasi
2. Survey karakter
3. Survey lingkungan belajar.
Dimana dalam porsi pemberian AN pada tahap jenjang yang berbeda diberikan durasi yang berbeda-beda pula
Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, kompleks. pilihan
BalasHapusmenjodohkan. isian singkat dan
uraian.
Suherni Kastonowati, SMK Negeri 1 Sukohsrjo
Nama : TEGES RISKAWATI, S.Pd
BalasHapusIntansi: SMP NEGERI SATU ATAP 3 DONGKO..
Materi hari ini berisi tentang; 1) Teknik pelaksanaan AN
2) Kriteria peserta pelaksanaan AN
3)jadwal pelaksanaan AN
4)Butir soal AKM
1. teknik pelaksanaan AN
untuk mengukur kompetensi sekolah dapat di lakukan dengan 3 cara yaitu AKM, survey karakter dan survey lingkungan belajar. AKM dibagi dua yaitu Membaca dan numerasi. AN berbasis komputer dan soal disesuaikan dengan kemampuan setiap siswa.
2. Kriteria peserta pelaksanaan AKM
Pelihan siswa dilakukan secara acak oleh kemendikbud. yang melakkukan AKM tidak hanya siswa tetapi juga Kepala sekolah dan guru di satuan pendidikan tersebut. AKM dilakukan oleh siswa kelas V, VIII, dan XI. tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan pembelajaran di setiap satuan pendidikan.
3. jadwal pelaksanaan AN
Jadwal dilaksanakan selama 2 hari.
4. butir soal AKM
Bentuk soal terdiri dari pilgan, pilgan kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.
jumlah soal SD 30 butir soal kompetensi literasi dan 30 butir soal kompetensi numerasi.
sedangkan untuk jumlah soal SMP yaitu 36 butir soal kompetensi literasi dan 36 butir soal kompetensi Numerasi. soal AKM disusun berdasarkan indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.
Nama : NIWARTIN,S.Pd
BalasHapusSekolah : SDN 25 BALAESANG
Inti dari materi yang saya pahami hari ini yaitu
1. Fokus utama asesmen nasional yaitu kelas V, VIII,dan XI
2. Adapun butir soal AKM yaitu pilihan ganda, pilihan kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian
Terimakasih��
Materi ini sangat bermanfaat,karena saya memang blum paham masalah AN dan teknisnya,terimakasih
BalasHapusAsesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa menjadi kewenangan pendidik
BalasHapusBerapa waktu yang disediakan untuk peserta didik mengerjakan soal AKM? dan berapa lama waktu dalam pelaksanaan AN?
BalasHapusRahmi M, S.Pd
BalasHapusSMP N 2 SUHAID
materi kedua hari ini dapat mengetahui tujuan dari asesman,bentuk soal dan jumlahnya berbeda sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik, dan cara menjawab soal punya beberapa pilihan.
Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.
BalasHapusNama: Siti hadijah, S. Pd
BalasHapusInstansi : SDN mogana 1
Tanggal: 7 september 2021
Resume mateti hari kedua tentang teknik pelaaksanaan asesmen nasional,kritetia teknik pelaksanaan AN
Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah.
Mengapa yang menjadi sampel adalah siswa kelas V, VII, dan XI karena agar siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut dan telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.
Butir soal AS kompetensi minimum, bentuk soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks,menjodohkan,isian singkat dan uraian.
Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.
AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri.AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.
Untuk SD/sederajat soal literasi dan numerasinya 30 soal (campur isian dan pilihan) dengan waktu 90 menit.
BalasHapusUSUL agar ada keadilan dan bisa untuk memotivasi belajar semua siswa, seharusnya peserta AKM atau ANBK diharuskan semua siswa kelas XI SMA / MA yang terdapat di sekolah itu , sehingga hasil pengukuran lebih valid
BalasHapus
BalasHapusNAMA : IDA FARIDA SUSILAWATI,S.Pd
INSTANSI : SMP NEGEI 2 KARANGPAWITAN
bentuk AKM itu ada yang pilihan ganda,menjodohkan, uraian. kalau pilihan ganda siswa hanya menjawab satu pilihan,kalau menjodohkan siswa dapat meilih jawaban lebih dari satu jawaban kalau uraian siswa dapat menjawab sesuai dengan kemampuan yang dia miliki.
Menurut saya AN sangat sangat lebih bagus dari UN
BalasHapusNama: Yulia Ismawati, S.Pd
BalasHapusPeserta AN diambil acak, hasilnya sebagai mutu sekolah bukan sebagai hasil prestasi siswa. Ujian menggunakan komputer, jadi peserta didik harus dibekali pendidikan TIK disetiap jenjangnya.
Nama: Alamudin Dalang, S.Pd
BalasHapusInstans: UPTD SMP Negeri Ampera
Teknik Pelaksanaan Asseamen Nasional.
Bahwa Assesmen Nasional diikuti oleh semua warga sekolah. Untuk siswa akan ditentukan secara acak yang diikuti olwh siswa kelas 4, 8, dan 11. Hal ini dilakukan untuk memetakan mutu sekolah dan pendidikan Indonesia, karena selama ini UN dinilai belum sepenuhnya valid sebagai tolak ukur mutu pendidikan, aebab hanya menilai aspek kognitif siswa.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusResti Menti Dongoran S.Pd dari SMP N 4 Balige hadir,minyimak pertemuan kedua dan telah mengisi presensi.
BalasHapusSetelah menyimak materi pelatihan hari kedua, materi yang saya peroleh tentang:
1. Bahwa AKM tidak diberikan kepada semua siswa, selaku saya guru SMP maka AKM diberikan kepada kelas VIII,agar melalui hasil AKM akan ada tindak lanjut untuk memperbaharui sistem pembelajaran bagi mereka tingkat berikut. Sehingga mereka bisa merasakan manfaat pembaharuan sistem sudah bisa meningkatkan kualitas pendidikan.
Terimakasih sekali informasinya...sangat bermanfaat karena kebetulan sekarang mengajar kelas 5🙏🏻🙏🏻
BalasHapusAlhamdulillah... dengan mengikuti pelatihan ini,saya lebih tau detailnya tentang akm yang selama ini saya tanya²kan...saya jadi lebih tau tentang perbedaan an dan UN dan juga sudah tau kriteria yang masuk dalam akm... terimakasih...🙏🙏😊😊😊
BalasHapusAssasmen ini dilaksanakan untuk siswa kelas 5, 8 dan 11. Karena diharapkan masih ada satu thn lagi untuk memperbaiki pembelajaran. Jumlah soal akm inipun berbeda beda. Untuk siswa SD kelas 5 berjumlah 30 soal. Sedangkan untuk SMP dan SMA 36 soal.
BalasHapusSoal tersebut berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.
Nama: Nihayatul Khusna, S.Pd.- SDN BADER 03.
Hadirr, siap menyimak
BalasHapusMaterinya sangat bagus n bermanfaat banget...👍👍😍😍😍
BalasHapusPaulus Wagat Hadir dan telah mengisi presensi
BalasHapusRASDIANTI SYAM, S.Pd Dari SMK NEGERI BULO KABUPATEN POLEWALI MANDAR
BalasHapusAsesmen Nasional dibagi menjadi AKM, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan,Peserta AN sudah ditentukan oleh pusat secara acak yaitu siswa kelas 5 (jenjang SD), kelas 8 (jenjang SMP) dan kelas 11 (jenjang SMA). Siswa terpilih dari kelas 5,8, dan 11 agar mereka dapat merasakan perbaikan di tahun selanjutnya setelah nilai AN keluar. AN bertujuan untuk menilai mutu satuan pendidikan, bukan mengevaluasi peserta didik.
Pada soal AKM, terdiri dari soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.
Semliner Simatupang,S.Pd
BalasHapusHasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran
BalasHapusNama : Ernie Selviyanie, S.Pd
Instansi : SDN 1 Sahurang Kec. LAU kab. HST kal-sel
Bentuk AKM terdiri dari soal pilihan ganda,pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat,dan uraian.
Butir soal AKM merupakan bagian dari Asessmen Nasional yang mencakup Asesmen Kompetensi mendasar yaitu literasi membaca dan asesmen kompetensi Numerasi. AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri.
Materi hari ini sangat bagus memberikan pemahaman bagaimana pelaksanaan AN yang nantinya akan dilaksanakan oleh sekolah, very interesting
BalasHapus