[Hari 2] Materi dan Presensi Pelatihan Asesmen Nasional Hari 2


Setelah memahami pentingnya penerapan Asesmen Nasional terkait perbaikan mutu nasional, maka pada pembelajaran hari ini kita akan belajar terkait dengan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional.

Untuk lebih lengkapnya dapat melihat video berikut serta paparan materi di bawahnya.

Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional

Berdasarkan penjelasan video di atas dapat kita maknai pembagian Asesmen Nasional. Untuk lebih mudahnya, silahkan cermati infografik berikut ini.

Kriteria Peserta Pelaksanaan Asesmen Nasional

Pada pelatihan hari pertama, telah dibahas tentang perbedaan AN dan UN. Kali ini, kita akan mengidentifikasi di mana letak perbedaanya. Pada pembelajaran ini kita akan Apakah perbedaannya ada di dalam teknis penyelenggaraan atau dalam pelaksanaannya? Mari, kita mencermati dan menyimak infografis ini. 

Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.


Mengapa Asesmen Nasional hanya diikuti oleh sebagian siswa? 

Hal ini terkait dengan tujuan dan fungsi Asesmen Nasional. Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa menjadi kewenangan pendidik. Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan evaluasi sistem. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.


Mengapa yang menjadi sampel adalah siswa kelas V, VIII dan XI? 

Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional. 

Perlu diketahui, selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh semua guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan. Sementara Asesmen Kompetensi Minimum untuk pendidikan kesetaraan berfungsi sebagai ujian kesetaraan. 


BUTIR SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM

Bagaimana butir-butir soal yang akan diberikan dalam Asesmen Nasional, khususnya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)? AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang mencakup asesmen kompetensi mendasar, yaitu literasi membaca dan asesmen kompetensi numerasi. 


Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

1.     Pilihan ganda, siswa hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal. 
2.    Pilihan ganda kompleks, siswa dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu
3.  Menjodohkan, siswa menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
4.   Isian singkat, siswa dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. 
5.    Uraian, siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.


AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya. Oleh karena itu seluruh siswa akan mendapat soal yang mengukur kompetensi yang sama. Keunikan konteks beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran dan peminatan tercermin dalam ragam stimulus soal-soal AKM. AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.


Setelah mempelajari materi hari ini, silahkan isi kolom komentar dengan apa yang telah Bapak/Ibu pelajari hari ini beserta nama dan instansi. Jangan lupa isi presensi berikut sebagai tanda telah menyelesaikan pelatihan hari kedua.


Pada pelatihan hari ketiga besok kita akan membahas tentang AKM literasi membaca.

Salam sehat selalu.


- Aufa Maulida Fitrianingrum

467 komentar:

  1. Hadir
    I Gede Warmadika Pasek, S.Pd
    SMP Negeri 3 Denpasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh jadi soal ya di bedakan ya utk kls V 30 soal dan kls VIII kls XI sama 36 soal
      saya kira sama

      Hapus
  2. Apakah materi yg diatas itu temasuk pelatihan hari ke-2 ? Karena kok sama dengan yg pelatihan di hati ke-1 ?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Teknis pelaksanaan disesuaikan dengn kemampuan siswa ditinjau dari pemahaman teks literasi dan perkembangan numeralisasi

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah. Siap hadir di materi kedua ini

    BalasHapus
  6. Pelaksanaan asesmen ini sebenarnya bermanfaat, tetapi ada kendala besar bagi sekolah-sekolah di pelosok pedalaman yang tidak ada fasilitias komputer bahkan tidah ada sinyal, pertanyaan saya, kira2 apa solusi dan jalan keluar yg diberikan utk mengatasi hal tersebut, terima kasih

    BalasHapus
  7. Semangat belajar bapak/ibu

    Salam dari SMA Swasta Al-Ulum Medan

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat.
    Baru hadir dihari ke 2.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh hadir

    BalasHapus
  10. Isnaeni Burhan.S.Pd.MM SDN 1 PELAMBUA Kabupaten Kolaka hadir

    BalasHapus
  11. Dyah Puspita Sri Wulandari, S.Pd dari SDN 1 Jurug
    Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum...hadir dan menyimak🙏

    BalasHapus
  13. Nama: Yulisman,S.Pd
    Instansi: SMP NEGERI 31 PADANG

    Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.

    BalasHapus
  14. Assesment Nasional diikuti oleh siswa kelasn5,8,dan 11 dimana guru dan kepala sekolah juga ikut serta.
    Bentuk Akm terdiri dari soal pilihan ganda,pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat,dan uraian.
    Akm disusun berdasarkan indikator² kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar bersifat kontinue

    BalasHapus
  15. terima kasih atas kebijakannya...

    BalasHapus
  16. Rani Rahmahdini, S.Pd dari SMA Negeri 76 Jakarta

    Materi hari ini tentang teknis pelaksanaan Asesmen Nasional. Selain itu juga dibahas kriteria peserta pelaksanaan asesmen, nasional, butir soal asesmen kompetensi minimum. Tipe soal AKM berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

    Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi

    BalasHapus
  17. Terima kasih telah berbagi ilmu tentang teknis pelaksanaan AKM.

    BalasHapus
  18. Dwi Kartika
    SDN Glagahsari III
    Hadir

    AN ini memang perlu sosialisasi kepada semua pihak. Mungkin juga perlu adanya simulasi jadi akan tau seperti aap nantinya teknis dari pelaksanaan serta tindak lanjut hasil untuk ke depannya 🤗

    Dari kegiatan ini semakin memahami AN ini

    BalasHapus
  19. TEKNIK PELAKSANAANYA KLU GURU KAPAN YA

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Khairul Darlis, S.Pd
    UPT SD Negeri 09 Sungai Aro Kab. Solok Selatan
    Hadir

    BalasHapus
  21. Yg saya pelajari dari materi hari ini :
    AN diikuti satuan pendidikan,tidak semua murid mengikuti/ menjadi peserta AN karena untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan, yg menjadi sampel adalah siswa kelas V, VII dan XI saja serta pemilihan siswanya secara acak dan setiap siswa mengerjakan tes literasi membaca, numerasi, survei karakter dan lingkungan belajar.. untuk butir soal yg ada di AN terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda komplex, menjodohkan, isian singkat dan uraian ., Murid kelas 5 mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir untuk mengukur kompetensi numerasi, sedangkan untuk kekas VIII dan XI butir soal literasi membaca dan numerasi ada 36 butir soal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg atas typo bukan kelas VII tp kelas VIII 🙏

      Hapus
    2. Atas nama : NUR KHALIMA, S.Pd dari SDN CUKURGULING I LUMBANG

      Hapus
  22. Menurut saya AN lebih keren dibandingkan UN

    BalasHapus
  23. NI KADEK JULIANINGSIH, S.Pd. (SD HAINAN SCHOOL)

    Asesmen Nasional dibagi menjadi AKM, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Peserta AN sudah ditentukan oleh pusat secara acak yaitu siswa kelas 5 (jenjang SD), kelas 8 (jenjang SMP) dan kelas 11 (jenjang SMA). Siswa terpilih dari kelas 5,8, dan 11 agar mereka dapat merasakan perbaikan di tahun selanjutnya setelah nilai AN keluar. AN bertujuan untuk menilai mutu satuan pendidikan, bukan mengevaluasi peserta didik.
    Pada soal AKM, terdiri dari soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. Terima kasih.

    BalasHapus
  24. Nama Endah Rosita Kurniasih S.Psi
    Instansi SMP NEGERI 2 GIRIWOYO

    AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri

    BalasHapus
  25. I Putu Agus Yudi Arthawan, S.Pd
    Hadir
    Pada hari kedua kita mempelajari tentang Kriteria Peserta Pelaksanaan Asesmen Nasional

    BalasHapus
  26. Assalamu'alaikum.
    Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu.

    BalasHapus
  27. Yang saya pelajari yaitu AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM menguji kompetensi mendasar tiap siswa.

    NAMA : MUHAMAD HARDINA GUNTORO,S.Pd
    INSTANSI : SMP NEGERI 6 RAHA

    BalasHapus
  28. Elia Sari, S.Ag, M.Pd.
    AN tidak digunakan sebagai penentu kelulusan, krn AN berfungsi untuk memetakan Pendidikan Nasional sehingga peserta AN diambil dari kelas tengah dari setiap jenjang pendidikan

    BalasHapus
  29. Asta Minda hadir dan sudah mengisi presensi

    BalasHapus
  30. Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.

    BalasHapus
  31. Maaf baru hadir di hari kedua...
    Nama: KHAIRINA. A, S. Pd
    Instansi: SMP N 1 Sungai Penuh

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    SUHERLINA S.Pd,SMKN 1 SUSUKAN Siap menyimak materi hari kedua

    BalasHapus
  33. Elia Sari, S.Ag, M.Pd.
    SDN Pringapus 01
    AN tidak digunakan sebagai penentu kelulusan, krn AN berfungsi untuk memetakan Pendidikan Nasional sehingga peserta AN diambil dari kelas tengah dari setiap jenjang pendidikan

    BalasHapus
  34. Dengan mengikuti pelatihan AKM akan lebih banyak ilmu yang akan di dapatkan, dan semoga bisa meningkatkan semangat belajar bagi siswa siswi di sekolah.

    BalasHapus
  35. Hadir
    Sangat bermanfaat sekali.
    Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM.

    BalasHapus
  36. AN berbeda dengan UN.
    Pada UN Menentukan Kelulusan Peserta Didik sehingga nilai yang diperoleh tidak bisa diperbaiki atau diitngkatkan lagi serta hanya mengacu pada mata pelajaran tertentu.
    Pada AN Tidak menentukan kelulusan tetapi memberikan informasi yang akurat dan menyeluruh tentang perkembangan kompetensi literasi, numerasi dan karakter peserta didik. Sehingga memungkinkan untuk menjadi acuan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran dis sekolah.

    UN Pesertanya adalah semua siswa tingkat akhir.
    AN Pesertanya adalah semua komponen sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan, Perwakilan Siswa yang diacak oleh Kemendikbud.

    BalasHapus
  37. Bagus sekali pembahasan hari initentang teknis pelaksanaan sesmen nasional (AN) untuk memperbaiki pembelajaran kita.

    BalasHapus
  38. AN berbeda dengan UN, UN hanya menilai peserta didik secara perorangan, sedangkan AN menilai lembaga pendidikan secara menyeluruh, UN hanya menilai cognitif sedangkan AN menilai literasi, numerasi serta karakter peserta didik, UN dilaksanakan untuk kelas 6,9,12 yang akan menuntaskan jenjang pendidikan sehingga sulit untuk melaksanakan tindak lanjut perbaikan sedangkan AN untuk peserta Didik kelas 8, 11 sehingga ada kesempTn untuk mengadakan tindak lanjut perbaikan.

    BalasHapus
  39. AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya.
    *MUHAMMAD NUR SAPUTRA - SMAN 3 KALUKKU*

    BalasHapus
  40. Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.
    AKM mempunyai kriteria soal seperti Pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, uraian, isian singkat, menjodohkan

    BalasHapus
  41. KHUSNUL AKHIRIN, S.Pd. dari SDN 2 Tamanan Kec. Trenggalek

    Yang saya pelajari hari ini adalah teknis pelaksanaan Asesmen Nasional. Dijelaskan juga peserta pelaksanaan asesmen, nasional, butir soal asesmen kompetensi minimum. Ada 5 tipe soal AKM yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

    Butir soal yg dikerjakan siswa SD lebih sedikit dibandingkan dengan siswa SMP dan SMA, dima SD ada 60 soal dibagi 2, dan SMP ada 72 dibagi 2.

    BalasHapus
  42. Syafri Yoza, S.Pd. dari SMK Negeri 1 Kepulauan Mentawai

    Dari penyampaian meteri hari ini dapat disimpulkan bahwa AN dilaksanakan pada kelas 5 untuk jenjang SD, 8 untuyk tingkat SMP, dan kelas 11 untuk SMA/MA/SMK. Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.

    penyampaian materi mudah dimengerti

    BalasHapus
  43. Rosidah SDN pasirsari 03....Terima kasih untuk ilmunya

    BalasHapus
  44. Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.
    AKM mempunyai kriteria soal seperti Pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, uraian, isian singkat, menjodohkan.
    "Siti Qomariah, S. Pd SMP AL-Zamzami

    BalasHapus
  45. AN dibagi 3 yaitu AKM,Survey kareakter dan Survey lingkungan belajar.AkM dilaksanakan secara Adaptif.Kreteria peserta AN
    Seluruh satuan pendidikan
    Tidak semua murid
    Pemilihan sampel secara acak
    Diambil dari kelas 5.8.11
    Setiap peserta mengerjakan tes literasi membaca,numerasi,survey karakter dan lingkungan

    BalasHapus
  46. Nama : Ni Dewa Ayu Putu Novita Pradnya Iswari, S.Pd
    Intansi : SD No. 1 Kekeran

    Komentar : Dari penjabaran materi yg ada kita menjadi tahu perbedaan AN dan UN. Dengan adanya Asesmen Nasional survey terhadapat satuan pendidikan menjadi lebih terarah dan menjakup banyak hal antara lain AKM, survey karakter dan survey lingkungan. Asesmen juga dilaksanakan menyuluruh siswa, guru serta kepala sekolah sehingga penilaian terhadap mutu sekolah menjadi lebih kompleks.Dengan adanya AKM secara adaptif akan memudahkan siswa dalam menjawab butir soal dimana soal AN sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki siswa. Dan saya harapkan Asesmen Nasional ini berjalan secara berkelanjutan dan menyelusuruh kesemua jenjang pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia semakin meningkat. Terima kasih

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum,wr, Alhmdulillah masuk.hari kedua .Materi hari ini sangat menarik ,Bagaimana Penerapan Asesmen Nasional AMBK yang berada di pedalaman yang komputer dan sinyal tidak tidak terpenuhi sedangkan pelaksanaan UN ini serentak.Bgmn menghadapi masalah tersebut?

    BalasHapus
  48. Siap mengikuti pelatihan hari ini

    BalasHapus
  49. NAMA : KHALISYAH LISTIANI, S.Pd
    INSTANSI: SDN BAGAMBIR
    Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM.Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

    BalasHapus
  50. Mela Nurlatipah dari SDN Pasirsari 03 Cikarang Selatan
    Salah satu kelebihan dari ASsesmen Nasional itu dilaksanakan di kelas 5,8,11 jadi anak bisa merasakan perbaikan di kelas selanjutnya

    BalasHapus
  51. 1. AN hanya diikuti oleh sebagian siswa karena tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam AN,karena yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari AN.

    BalasHapus
  52. Butir soal dalam Asesmen Nasional AKM,terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Dengan adanya Asesmen Nasional ini diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.

    Nama: Barikatun LAna, S.Pd
    Instansi: SD Negeri Ngaluran 3

    salam sehat dan semangat Bapak/Ibu guru

    BalasHapus
  53. Saya Rabiatul Sakban Miah, S.Pd dari Instansi MTsN 6 Tabalong Kalimantan Selatan. Menurut saya, Materi hari ini sangat menarik, AKM yg awalnya membingungkan, menjadi jelas dan dapat saya jelaskan kembali kepada kawan sejawat di sekolah saya bertugas. Intinya adalah AKM sendiri mempunyai bentuk soal yang sama dengan UN,yaitu berupa pilihan ganda, namun karakteristik isinya yang jauh berbeda, AKM sendiri hanya berupa literasi dan numeralisasi. AKM sendiri tidak di kerjakan oleh seluruh siswa kita, hanya diambil beberapa sampel saja. Tujuan dari Assesment Nasional itu patut kita coba, demi kemajuan pendidikan kita.

    BalasHapus
  54. Insyaallah siap hadir dan menyimak materi ke-2 hari ini

    BalasHapus
  55. Asesmen Nasional dilaksanakan melalui teknik AKM, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional berisi Asesmen literasi dan Asesmen Numerasi. Peserta Asesmen Nasional ini siswa kelas 5, 8 dan kelas 11, yang diambil secara acak.Tujuan nya untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan.Bentuk soal dalam Asesmen Nasional terdiri dari Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, dan Uraian.

    BalasHapus
  56. Ni Putu Kurmaeni, S.Pd. dari SD Negeri 5 Pedungan

    Berdasarkan pemaparan materi yang disampaikan hari, saya dapat mempelajari tentang Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional

    Kriteria Peserta Asesmen Nasional
    1. Diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia
    2. Tidak semua siswa terlibat dalam AN tetapi hanya kelas 5, 8, dan 11 dimana siswa dipilih secara acak oleh pemerintah
    3. Setiap siswa mengerjakan tes literasi membaca, tes literasi numerasi, survey karakter, dan survey lingkungan belajar
    4. Asesmen Nasional dilaksanakan selama 2 hari


    Selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh semua guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan.

    AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang mencakup asesmen kompetensi mendasar, yaitu literasi membaca dan asesmen kompetensi numerasi.

    Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

    Terima kasih

    BalasHapus
  57. Pada materi hari kedua ini saya mempelajari:Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.
    Selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh semua guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan. Sementara Asesmen Kompetensi Minimum untuk pendidikan kesetaraan berfungsi sebagai ujian kesetaraan.

    BalasHapus
  58. Setiap siswa kompetensi nya berbeda..

    BalasHapus
  59. Nama: Azhari Akbar, S. Sn
    SMA Negeri 1 Lhoknga
    Ada beberapa hal penting yang kita pelajari hari ini:
    1. Bahwa peserta AKM adalah Siswa di pertengahan yaitu kelas V,VIII, dan XI.
    2. Durasi pelaksanaan berbeda untuk setiap jenjangnya karena jumlah soalnya juga berbeda. Semakin tinggi jenjang semakin lama.
    3. Ada 3 hal yang diukur, yaitu?: gambaran umum kompetensi Siswa, suvey karakter dan survey lingkungan belajar.
    4. AKM tidak menentukan kelulusan Siswa hanya memberikan gamabaran kompetensi siswa saja.
    5. Peserta AKM tidak ditentukan oleh sekolah tapi ditentukan kemdikbud secara acek.
    6. Ada 5 bentuk soal AKM yaitu : pilihan ganda, uraian, pilihan ganda kompleks, menjodohkan dan isian singkat

    BalasHapus
  60. Hadir n menyimak materi dengan semangat.

    BalasHapus
  61. Eka Widiawati, S.Pd.
    MTsN 2 Bombana hadir

    BalasHapus
  62. Dalam pelaksanaan asesmen nasional dilakukan pada jenjang pendidikan untuk tingkat SMA kls XI tujuannya agar bisa melihat kemampuan siswa di bagian Mana yang kurang apakah di literasi atau numerasi
    Kemudian pada bentuk soal antara UN dan AN ada perbedaannya,pada AN bentuk soalnya meliputi :
    1. Pilihan ganda kompleks
    2. Menjodohkan
    3. Uraian

    BalasHapus
  63. NAMA : NURSADIA MADJID, S.Pd., M.P.
    INSTANSI : SMP NEGERI 4 RAHA
    Setelah mengikuti webinar diperoleh pemahaman tentang teknik pelaksanaan asesmen nasional, kriteria yang peserta dalam pelaksanaan asesmen nasional (diantaranya : mengapa asesmen nasional hanya diikuti oleh sebagian siswa dan mengapa yang jadi sampel siswa V, VIII, dan XI) serta butir soal yang akan digunakan dalam asesmen kompetensi minimum yang terdiri atas pilihan ganda, piloihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian).

    BalasHapus
  64. Asesmen Nasional di lakukan di kelas 5 untuk tingkat SD, Kelas 8 untuk tingkat SMP dan Kelas 11 untuk tinkat SMA dan yang dinilai adalah mutu satuan pendidikan atau kualitas sekolah bukan kualitas peserta didik secara pribadi, dan yang mengikuti Asesmen Nasional ini ada guru dan siswa yang dipilih secara acak.

    BalasHapus
  65. Samsul Hairi, S.Pd.
    SMA SYEKH ABDUL QODIR AL JAILANI RANGKANG KEC. KRAKSAAN KAB. PROBOLINGGO

    Asessment Nasional dibagi menjadi 3 bagian
    1. Asessment Kompetensi Minimum
    a. Literasi
    b. Numerasi
    2. Survei Karakter
    3. Survei Lingkungan Belajar

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum,,
    Lisa Sabitillah, S.Pd, Gr
    SMP Negeri 1 Kuala, Hadir dan menyimak..
    Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.

    BalasHapus
  67. Materi hari ini kami dapat menetahui kriteria pelaksaaan Asesment Nasional dilaksanakan oleh seluruh satuan pendidikan,pemilihan sampelseara acak, diabil dari kelas 5,8 dan 11, setiap siswa menyelesaikan tes literasi membaca, tes literasi numerasi,survei karakter dan survei lingkungan belajarHal ini terkait dengan tujuan dan fungsi Asesmen Nasional. Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa menjadi kewenangan pendidik. Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan evaluasi sistem. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Dan alhamndulillah hari ini ada pemahaman lebih banyak lagi tentang Asesment Nasional...trimakasih buat nara sumber untuk materix hari ini.

    1. Pilihan ganda, siswa hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.
    2. Pilihan ganda kompleks, siswa dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu
    3. Menjodohkan, siswa menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang
    merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
    4. Isian singkat, siswa dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
    5. Uraian, siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA : KHALWATIYAH,S.Pd
      UNIT KERJA : SMP NEGERI 4 RAHA
      Materi hari ini bisa menambah wawasan saya tentang Asesment Nasional khususnya tentang bagaimana pelaksanaan dan mekanisme Asesment Nasional.

      Hapus
  68. Asesmen nasional sangat bagus karena hasil dari Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.

    BalasHapus
  69. Siap hadir..
    Muhammad Mundir - SMK PGRI 4 Pasuruan
    kelebihan dari ASsesmen Nasional itu dilaksanakan di kelas V,VIII,XI agar siswa bisa merasakan perbaikan di kelas selanjutnya

    BalasHapus
  70. Nama : Musdalifah Mustafa, S.Pd
    Instansi : MTs. Nurul Jadid

    Materi :
    Hasil Asessmen Nasional ini akan diberikan kepada Sekolah sebagai upaya untuk perbaikan mutu dan kualitas secara menyeluruh. sehingga bisa berbenah dari apa yang telah dilakukan selama ini. dan yang paling penting, di AN ini perlu diterapkan pembelajaran berbasis kompetensi.

    BalasHapus
  71. Bentuk soal AN yaitu pilihan ganda,pilihan ganda komplek,isian singkat dan uraian.indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersipat kontinum

    BalasHapus
  72. Hari ini hari kedua atau ketiga sh BPK ibu?

    BalasHapus
  73. Hadir dan menyimak
    Imam Ari Purmarinto, S.Pd

    BalasHapus
  74. Bentuk Akm terdiri dari soal pilihan ganda,pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat,dan uraian.
    Akm disusun berdasarkan indikator² kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar bersifat kontinue
    Butir soal AKM merupakan bagian dari Asessmen Nasional yang mencakup Asesmen Kompetensi mendasar yaitu literasi membaca dan asesmen kompetensi Numerasi

    BalasHapus
  75. Nama : Melinda Candrawati, S.Pd
    Instansi : SD Negeri Kubangputat 01
    Mau bertanya kebetulan kemarin instansi saya sudah melakukan simulasi AKM tetapi terdapat kendala seperti jaringan yg sulit di akses serta website yg sering trouble karena laptop tidak support.
    Apa yg harus kami lakukan terkait kendala tersebut?

    BalasHapus
  76. Murni Sormim hadir dan sudah mengisi presensi

    BalasHapus
  77. Ismiyati Marfuah, S.Pd
    SMK Muhammadiyah 6 Gemolong
    Kriteria peserta UN :
    - seluruh satuan Pendidikan
    -tidak semua murid
    - pemilihan sampel secara acak
    - peserta dari kelas 5,8,11
    - semua peserta mengerjakan tes literasi membaca, tes literasi numerasi, survey karakter dan survey lingkungan belajar.

    BalasHapus
  78. Teknis pelaksanaan asesmen nasional terdiri dari 3 yaitu asesmen kompetensi minimal(AKM) survey karakter,dan survey lingkungan belajar.
    kriteria peserta AN adalah : seluruh satuan pendidikan , tidak semua murid,pemilihan sampel secara acak, diambil dari kelas 5,8,11setiap peserta mengerjakan tes literasi survey karakter dan survey lingkungan belajar.
    Bentuk soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks,menjodohkan,isian singkat dan uraian.
    NAMA : WA RITA, S.Pd
    INSTANSI : SMP NEGERI 4 RAHA

    BalasHapus
  79. Sebaiknya pada saat apa assesment dilakukan dan kriteria apa yg hrs dimiliki oleh seorang asesor assesment ?

    BalasHapus
  80. Asesmen nasional hanya di ikuti sebagian siswa... bentuk soal asesmen terdiri dari:Pilihan Ganda,Pilihan Ganda kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat dan Uraian

    BalasHapus
  81. Ani Juartini, S.Pd hadir dan siap menyimak

    BalasHapus
  82. Hari ke 1 kemarin hadir juga tapi belum ceklis, terima kasih.

    BalasHapus
  83. berapa jumlah minimum siswa yang dijadikan sampel dalam pelaksanaan AN untuk jenjang SD.

    BalasHapus
  84. Asesmen Nasional hanya di ikuti sebagian Siswa

    BalasHapus
  85. SARI ANGGI PERTIWI,S.Pd.
    Instansi : SDN SUMBEREJA 02 hadir dan menyimak materi Hari ini mengenai Teknis Pelaksanaan AN dimana yang menjadi peserta adalah siswa kelas V SD/ sederajat, VIII untuk SMP/sederajatdan XI untuk SMA/sederajat. Untuk soal pada jenjang SD sebanyak 30 soal literasi dan 30 soal numeras sementara SMP dan SMA sebanyak 36 soal literasi dan 36 soal numerasi dimana soal pilihan ganda yang menjadi soal pokoknua

    BalasHapus
  86. Fauziah Fadlah,S.Pd SDN 106864 Hutanauli
    Hadir dan menyimak

    BalasHapus
  87. Materi kedua ini membahas tentang teknis pelaksanaak AN, jenis soal AN, AN terbagi 3 yaitu AKM, survey karakter dan survey lingkungan.

    BalasHapus
  88. Teknis ANBK, kriteria penentuan peserta dan butir soal AKM, Widya Anggraini, SMK Katolik St.Louis Surabaya

    BalasHapus
  89. Ati Nirwani,S.Pd ( SMP N 26 Banjarmasin)

    AN diikuti oleh seluruh satuan pendidikan dari tingkat sekolah dasar dan menengah serta program kesetaraan. Di detiap satuan pendidikan diikuti oleh sebagian siswa klas 5, 8 dan 11.
    AN tidak menentukan kelulusan siswa tapi bertujuan untuk memetakan mutu sekolah. Pemilihan jenjang kls 5, 8 dan 11 dengan maksud agar siswa yang mengikuti AN bisa merasakan perbaikan pembelajaran pada jenjang berikutnya.
    Bentuk soal AN terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda komplek, menjodogkan, isian singkat dan uraian.

    BalasHapus
  90. Eka okta susyanti Spd
    SD N 3 Sukadana baru
    Marga tiga Lampung timur

    Tujuan Asesmen nasional adalah Asesmen nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu.
    Asesmen nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolahdan sistem pendidikan secara keseluruhan.

    BalasHapus
  91. Siang
    Saya sudah melihat materinya dan sudah isi presensi
    Di mana bisa download materinya pak?

    BalasHapus
  92. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    sudah 2 hari saya mengisi link absensi, setelah dikirim dan di cek, tidak ada juga nama saya,, kira2 apa permasalahannya y admin e-sky?

    BalasHapus
  93. Nama : Scholastica Trisa Yualita, S.Pd (SMK St Louis Surabaya)
    Asesment nasional terbagi menjadi 2 yaitu literasi atau membaca dan numerasi atau berhitung yang kebanyakan soalnya berkaitan dengan kehidupan nyata
    Bentuk soal yang digunakan dalam asesment nasional tidak hanya pilihan ganda saja tetapi menggunakan soal uraian, menjodohkan, benar-salah dan tipe lainnya
    Sedangkan tujuan dari assesment nasional bukan sebagai penentu kelulusan siswa tetapi untuk memetakan mutu sekolah.

    BalasHapus
  94. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.

    Fatrah Suleman Utia, S.Pd - SMP Negeri 1 Gorontalo

    BalasHapus
  95. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    sudah 2 hari saya mengisi link absensi, setelah dikirim dan di cek, tidak ada juga nama saya,, kira2 apa permasalahannya y admin e-sky?

    kami dari 1 sekolah, 4 orang,, sudah isi absensi,, tapi belum juga muncul direkap...

    BalasHapus
  96. Diyah semiati hadir dan menyimak

    BalasHapus
  97. AN akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan Tingkat Dasar dan Menengah.Sasarannya adalah kelas V,VIII,dan XI yg dipilih secara acak.dengan tujuan agar mereka dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika msh di sekolah tersebut.

    BalasHapus
  98. Balasan
    1. Poin penting dari Asesmen Nasional adalah dilaksanakan pada sebagian siswa kelas V, VIII, dan XI, dengan tujuan memperbaiki pembelajaran agar lebih baik daripada sebelumnya.

      Hapus
  99. Bentuk sol AKM meliputi :pilihan ganda,pilihan ganda kompleks, menjodohkan,uraian dan uraian singkat. Soal AKM untuk jenjang SD sebnyak 60 nomor yang terbagi atas 30 butir soal literasi dan 30 butir soal numerasi, sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA masing-masing 36 soal literasi dan 36 butir soal numerasi.

    BalasHapus
  100. Setelah mempelanari materi Hari ke 2 jadi dapat men get a hui tujuanna dari Asesman, bentuk soal dan jumlah soal yang harus diselesaikan... FATHULLOH, S. Pd Hadir

    BalasHapus
  101. Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir tingkat 2, tingkat 4 dan tingkat 6 program kesetaraan.setiap peserta mengerjakan tes literasi membaca, numerisasi, survey karakter dan lingkungan belajar, AN bertujuan untuk memetakan mutu pendidikan

    BalasHapus
  102. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.

    BalasHapus
  103. terimkasih, pelatihan AKm ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya yg kebetulan mengajar di kelas 5 jenjang sekolah dasar sebagai acuan untuk membimbing peserta didik untuk mengenali AKM dan cara-cara pengerjaan soal-soal dan jenis-jenis soal AKm itu seperti apa, dengan mengikuti pelatihan ini saya merasa lebih percaya diri untuk berhadapan dengan siswa untuk pembinaan AKM ini. Terimakasih. sampai jumpa lagi pada hari ketiga besok.

    BalasHapus
  104. Lelly Indriyani Devika Sari, S.pd
    SDIT AL - MUNAWWAR

    Untuk hari kedua ini mempelajari tentang pelaksanaan Assemen Nasional
    Mulai dari bagaimana
    1.kriteria pelaksanaan Asesmen Nasional
    2.siswa kelas berapa saja yang mengikuti AN dan ditentukan secara acak, sehingga yg dapat mengikuti AN adalah kelas (5, 8, dan 11), dan tidak hanya siswa saja AN juga diikuti oleh semua guru, dan kepala sekolah.
    3.Bentuk soal AKM yang akan dipakai yaitu terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
    4. Banyaknya butir soal yang dikerjakan, yaitu kelas 5 (mengerjakn 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi), kelaa 8 dan 11( 36 butir soal kompetensi literasi dan 36 butir soal kompetensi numerasi)
    4.AKM ini dilakukan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri.

    BalasHapus
  105. Nama : Jenerius Sembiring,S.Pd
    Instansi :SMK Negeri 1 Lahewa Timur

    Komentar : Asesmen Nasional Cara utk memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan.
    karena peserta tdk seluruh siswa tetapi hanya sebagian(sampel)dari populasi setiap sekolah pd setiap jenjang yg menjadi target Asesmen Nasional,yang dimana nanti ny Asesmen Nasional akan menjadi DASAR perbaikan pembelajaran.

    PERTAYAANNYA : BAGAIMANA SEKOLAH YG DI PELOSOK NEGERI TIDAK LENGKAP DENGAN SARANA&PRASARANANYA SEPERTI JARINGAN???

    BalasHapus
  106. AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya. Oleh karena itu seluruh siswa akan mendapat soal yang mengukur kompetensi yang sama. Keunikan konteks beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran dan peminatan tercermin dalam ragam stimulus soal-soal AKM. AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.

    BalasHapus
  107. Sudah 2 hari mengisi daftar hadir tp nama sy SANAN,S.Pd belum juga ditemukan

    BalasHapus
  108. Muhammad Imran
    MIN 1 Berau

    Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua murid perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi murid di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi sampel dari Asesmen Nasional.
    Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual. Namun Asesmen Nasional menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional akan dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.

    BalasHapus
  109. La Ode Muhammad Jaya, S.Pd - SMPN 6 Raha
    AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.

    BalasHapus
  110. Nama : Pebri Jayanti
    Instansi : SD No. 4 Taman

    Pada hari ini saya telah mempelajari mengenai: Teknis pelaksanaan asesmen nasional, kriteria pelaksanaan asesmen nasional, serta butir soal asesmen kompetensi minimum.

    BalasHapus
  111. Nama : Mahadi, S.Pd
    Nama Instansi : SDN 042 Tarakan

    Materi hari ini membahas teknik pelaksanaan asesmen nasional.
    Menjelaskan kriteria peserta, yang diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Tujuan dan fungsi Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.

    BalasHapus
  112. Rakiyah Jauhar,S.Pd
    SDN Wasah Hilir 2
    Kec.Simpir Kab.HSS
    Pada materi hari ke-2 menjelaskan tentang :
    -Kriteria Peserta Pelaksana AN
    -Teknik Pelaksanaan AN
    -Butir Soal AKM

    BalasHapus
  113. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan
    Bentuk Akm terdiri dari soal pilihan ganda,pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat,dan uraian.
    Akm disusun berdasarkan indikator² kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar bersifat kontinue. Sri Agustining,SPd.SD SDN Setia Asih 06

    BalasHapus
  114. Kadir Polo, SMP NEGERI 1 KONTUNAGA, materi teknik AN,AN terdiri dari AKM, survey karakter, survey lingkungan belajar. AKM terdiri dari AKM literasi dan AKM numerasi. Pelaksanaan AN dilakukan secara acak, SD kelas 5, SMP kelas 8, dan kelas 11 untuk SMA.Butir soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat, dan uraian

    BalasHapus
  115. Berdasarkan pemaparan materi yang disampaikan hari ini, saya dapat mempelajari tentang Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional

    Kriteria Peserta Asesmen Nasional
    1. Diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia
    2. Tidak semua siswa terlibat dalam AN tetapi hanya kelas 5, 8, dan 11 dimana siswa dipilih secara acak oleh pemerintah
    3. Setiap siswa mengerjakan tes literasi membaca, tes literasi numerasi, survey karakter, dan survey lingkungan belajar
    4. Asesmen Nasional dilaksanakan selama 2 hari

    Asesmen Nasional di lakukan di kelas 5 untuk tingkat SD, Kelas 8 untuk tingkat SMP dan Kelas 11 untuk tinkat SMA dan yang dinilai adalah mutu satuan pendidikan atau kualitas sekolah bukan kualitas peserta didik secara pribadi, dan yang mengikuti Asesmen Nasional ini ada guru dan siswa yang dipilih secara acak. Neneng Latifah,S.Pd.SD SDN.SETIA ASIH 06

    BalasHapus
  116. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua siswa perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi siswa di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional. Target Pemilihan jenjang kelas yakni kelas V, VIII dan XI,di maksudkan agar siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan.

    Salam,
    Vivi Pebrianti, S.Pd
    SMA Negeri Masewe

    BalasHapus
  117. Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. IYUM,S.Pd SDN Setia Asih 06

    BalasHapus
  118. Nama : Hasnawati, S.Pd
    Unit Kerja : SDN Wasah Hilir 2
    Kec. simpur Kab. HSS Kalimantan Selatan
    Pada materi hari kedua ini tentang pelaksanaan Asesmen Nasional
    Asesmen Nasional dibgai 3 macam yaitu :
    1. Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) yang meliputi Asesemen Lterasi Membaca (memahami, menggunkan, mengevauasi dan merefleksi) dan Asesmen numerasi (memahami, mengapikasi dan bernalar)
    2. Survey Karakter
    3. Survey Lingkungan Belajar
    Asesmeen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM.Asesemen Nasional hanya diikuti oleh sebagian siswa . Hasil asesment nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan.
    Bentuk soal asesmen nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan , isian singkat dan uraian

    BalasHapus
  119. Nama : Yuanita Hari Prawesti, S.Si
    Asal sekolah : SMK Katolik St. Louis Surabaya

    Hal-hal penting yang dipelajari hari ini:
    1. Peserta AKM adalah Siswa di pertengahan yaitu kelas V,VIII, dan XI.
    2. Durasi pelaksanaan berbeda untuk setiap jenjangnya karena jumlah soalnya juga berbeda. Semakin tinggi jenjang semakin lama.
    3. Ada 3 hal yang diukur, yaitu: AKM yg terdiri dari literasi/membaca dan numerasi/berhitung, suvey karakter dan survey lingkungan belajar.
    4. AKM tidak menentukan kelulusan Siswa hanya memberikan gambaran kompetensi siswa saja.
    5. Peserta AKM tidak ditentukan oleh sekolah tapi ditentukan oleh diknas secara acak dengan mempertimbangkan karakter dan lingkungan siswa.
    6. Ada 5 bentuk soal AKM yaitu : pilihan ganda, uraian, pilihan ganda kompleks, menjodohkan dan isian singkat

    BalasHapus
  120. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  121. Nama : WAHYUDI PRASETIYO, S.Pd
    SEKOLAH ASAL : SDN 16 GEDONG TATAAN PESAWARAN LAMPUNG

    HADIR DAN MENYIMAK

    BalasHapus
  122. NUR HIDAYAT, S.Pd. SMP Negeri 4 Raha
    Teknik pelaksanaan AN terdiri dari 3 yaitu AKM, Survei Lingkungan Belajar, dan Survei Karakter.Peserta AN terdiri dari siswa kelas V SD, kelas VII untuk SMP, dan kelas XI untuk SMA dan dipilih secara acak oleh Kemenristek.AN diikuti oleh sebagian siswa, hal ini sesuai dengan tujuan dan fungsi AN. AN tidak digunakan untuk menentukan kelulusan. Hasil,AN diharapkan menjadiu dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. pemilihan kelas V, VIII , dan XI memberi kesempatan kep[ada para peserta untuk mempebaiki pembelajarannya. Jenis soal yang digunakan adalah pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian, dan uraian. Siswa kelas V akan menjawab 30 soal literasi dan 30 Numerasi, SMP dn SMA akan menjawab 36 Soal literasi dan numerasi. AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinun.

    BalasHapus
  123. Siap hadir menyimak materi hari ke 2

    BalasHapus
  124. Warniati Suciatiningsih S.Sos.I, smpn 2 banjaran.

    Yang dipelajari hari ini: Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa menjadi kewenangan pendidik. Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan evaluasi sistem. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan.

    BalasHapus
  125. saya Norhalimah, S.Pd dari SDN Telaga Langsat
    dari materi yang saya pahami di hari kedua ini yaitu tentang teknis pelaksanan ANBK dimana secara umum terbagi menjadi asesmen kompetensi minimum, survey karakter dan survey lingkungan belajar. Asesmen kompetensi minimum itu sendiri terbagi menjadi asesmen literasi dan asesmen numerasi.
    adapun kriteria peserta ANBK yaitu dipilih sample dari kelas 5,8 dan 11 dari satuan pendidikan tersebut karena pada kelas tersebut siswa sudah dianggap mampu memahami dan merefleksikan bagaimana lingkungan belajar dan karakter mereka sehingga dapat dijadikan pemetaan mutu sekolah tersebut.terima kasih.

    BalasHapus
  126. Meisita Zarni,S.Pd
    SD Negeri 22 Meulaboh, Aceh Barat
    AN dapat di nilai melalui 3 tahap yaitu AKM, survey karakter dan survey lingkungan belajar
    Soal² di sesuaikan dengan kemampuan siswa.
    Siswa yg ikut AN di acak dan berasal dari jenjang kelas V, VII dan XI.

    BalasHapus
  127. Muhammad Sigit Wibowo,S.Pd
    SMP NEGERI 2 SIMPANG HULU

    Seharusnya sarana dan prasarana dipenuhi terlebih dahulu

    BalasHapus
  128. Mengapa kriteria siswa yang menjadi peserta AKM kok hanya diambil 45 siswa ? Menurut saya seharusnya peserta ANBK semua siswa , sehingga validitas hasil bisa dipertanggungjawabkan

    BalasHapus
  129. setelah melihat Vidio dan materi saya sdg mulai ngerti mengapa AN hanya sebagian siswa dan mengapa hanya pada Siswa kelas V , VIII dan XI

    BalasHapus
  130. hari ini kita belajar tentang teknis pelaksanaan AN yang mencakuo AKM (Literasi,numerasi) Survey karakter dan survey lingkungan belajar
    Kriteria peserta AN adalah. anak kelas tengah di masing masing jenjang dengan tujuan agar setelah memperoleh hasil Assesment siswa tetsebut masih bisa merasakan perbaikan mutu sekolah
    selain siswa semua warga sekolah ikut assesment juga hanya tidak semua.
    butir soal asesment terdiri atas PG,PG kompleks,menjodohkan.isian singkat.dan uraian
    AN bertujuan untuk melihat mutu pendidikan bukan untuk menentukan kelulusan individu.

    BalasHapus
  131. Fera Yulfa , s.Pd SDN 53 GEDONG TATAAN HADIR..

    AKM akan terlaksana bila kreteria peserta didik maksimal .nah bagaimana kalau tdk memenuhi kreteria..

    BalasHapus
  132. AKM disusun berdasarkan indikator indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum

    ASNAH HARIYANI,S.Pd/SDN 002 SAMBALIUNG

    BalasHapus
  133. Nurul Huda, S.Pd TK Nurul Qur'an As Shafa
    AN dilaksanakan pada pertengahan. Bukan akhir seperti UN, yg dimana diharapkan setelah pelaksanaan AN dapat dilakukan perbaikan pembelajaran. Adapun poin poin yg di nilai dalam AN adalah
    1. Survey AKM didalamnya ada tes literasi dan numerasi
    2. Survey karakter
    3. Survey lingkungan belajar.
    Dimana dalam porsi pemberian AN pada tahap jenjang yang berbeda diberikan durasi yang berbeda-beda pula

    BalasHapus
  134. Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, kompleks. pilihan
    menjodohkan. isian singkat dan
    uraian.
    Suherni Kastonowati, SMK Negeri 1 Sukohsrjo

    BalasHapus
  135. Nama : TEGES RISKAWATI, S.Pd
    Intansi: SMP NEGERI SATU ATAP 3 DONGKO..


    Materi hari ini berisi tentang; 1) Teknik pelaksanaan AN
    2) Kriteria peserta pelaksanaan AN
    3)jadwal pelaksanaan AN
    4)Butir soal AKM

    1. teknik pelaksanaan AN
    untuk mengukur kompetensi sekolah dapat di lakukan dengan 3 cara yaitu AKM, survey karakter dan survey lingkungan belajar. AKM dibagi dua yaitu Membaca dan numerasi. AN berbasis komputer dan soal disesuaikan dengan kemampuan setiap siswa.

    2. Kriteria peserta pelaksanaan AKM
    Pelihan siswa dilakukan secara acak oleh kemendikbud. yang melakkukan AKM tidak hanya siswa tetapi juga Kepala sekolah dan guru di satuan pendidikan tersebut. AKM dilakukan oleh siswa kelas V, VIII, dan XI. tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan pembelajaran di setiap satuan pendidikan.

    3. jadwal pelaksanaan AN
    Jadwal dilaksanakan selama 2 hari.

    4. butir soal AKM
    Bentuk soal terdiri dari pilgan, pilgan kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.
    jumlah soal SD 30 butir soal kompetensi literasi dan 30 butir soal kompetensi numerasi.
    sedangkan untuk jumlah soal SMP yaitu 36 butir soal kompetensi literasi dan 36 butir soal kompetensi Numerasi. soal AKM disusun berdasarkan indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.



    BalasHapus
  136. Nama : NIWARTIN,S.Pd
    Sekolah : SDN 25 BALAESANG
    Inti dari materi yang saya pahami hari ini yaitu
    1. Fokus utama asesmen nasional yaitu kelas V, VIII,dan XI
    2. Adapun butir soal AKM yaitu pilihan ganda, pilihan kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian
    Terimakasih��

    BalasHapus
  137. Materi ini sangat bermanfaat,karena saya memang blum paham masalah AN dan teknisnya,terimakasih

    BalasHapus
  138. Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi siswa sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu siswa menjadi kewenangan pendidik

    BalasHapus
  139. Berapa waktu yang disediakan untuk peserta didik mengerjakan soal AKM? dan berapa lama waktu dalam pelaksanaan AN?

    BalasHapus
  140. Rahmi M, S.Pd
    SMP N 2 SUHAID
    materi kedua hari ini dapat mengetahui tujuan dari asesman,bentuk soal dan jumlahnya berbeda sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik, dan cara menjawab soal punya beberapa pilihan.

    BalasHapus
  141. Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.

    BalasHapus
  142. Nama: Siti hadijah, S. Pd
    Instansi : SDN mogana 1
    Tanggal: 7 september 2021
    Resume mateti hari kedua tentang teknik pelaaksanaan asesmen nasional,kritetia teknik pelaksanaan AN
    Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah.
    Mengapa yang menjadi sampel adalah siswa kelas V, VII, dan XI karena agar siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut dan telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.
    Butir soal AS kompetensi minimum, bentuk soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks,menjodohkan,isian singkat dan uraian.
    Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.
    AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri.AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum.

    BalasHapus
  143. Untuk SD/sederajat soal literasi dan numerasinya 30 soal (campur isian dan pilihan) dengan waktu 90 menit.

    BalasHapus
  144. USUL agar ada keadilan dan bisa untuk memotivasi belajar semua siswa, seharusnya peserta AKM atau ANBK diharuskan semua siswa kelas XI SMA / MA yang terdapat di sekolah itu , sehingga hasil pengukuran lebih valid

    BalasHapus

  145. NAMA : IDA FARIDA SUSILAWATI,S.Pd
    INSTANSI : SMP NEGEI 2 KARANGPAWITAN
    bentuk AKM itu ada yang pilihan ganda,menjodohkan, uraian. kalau pilihan ganda siswa hanya menjawab satu pilihan,kalau menjodohkan siswa dapat meilih jawaban lebih dari satu jawaban kalau uraian siswa dapat menjawab sesuai dengan kemampuan yang dia miliki.

    BalasHapus
  146. Menurut saya AN sangat sangat lebih bagus dari UN

    BalasHapus
  147. Nama: Yulia Ismawati, S.Pd
    Peserta AN diambil acak, hasilnya sebagai mutu sekolah bukan sebagai hasil prestasi siswa. Ujian menggunakan komputer, jadi peserta didik harus dibekali pendidikan TIK disetiap jenjangnya.

    BalasHapus
  148. Nama: Alamudin Dalang, S.Pd
    Instans: UPTD SMP Negeri Ampera

    Teknik Pelaksanaan Asseamen Nasional.
    Bahwa Assesmen Nasional diikuti oleh semua warga sekolah. Untuk siswa akan ditentukan secara acak yang diikuti olwh siswa kelas 4, 8, dan 11. Hal ini dilakukan untuk memetakan mutu sekolah dan pendidikan Indonesia, karena selama ini UN dinilai belum sepenuhnya valid sebagai tolak ukur mutu pendidikan, aebab hanya menilai aspek kognitif siswa.

    BalasHapus
  149. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  150. Resti Menti Dongoran S.Pd dari SMP N 4 Balige hadir,minyimak pertemuan kedua dan telah mengisi presensi.
    Setelah menyimak materi pelatihan hari kedua, materi yang saya peroleh tentang:
    1. Bahwa AKM tidak diberikan kepada semua siswa, selaku saya guru SMP maka AKM diberikan kepada kelas VIII,agar melalui hasil AKM akan ada tindak lanjut untuk memperbaharui sistem pembelajaran bagi mereka tingkat berikut. Sehingga mereka bisa merasakan manfaat pembaharuan sistem sudah bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

    BalasHapus
  151. Terimakasih sekali informasinya...sangat bermanfaat karena kebetulan sekarang mengajar kelas 5🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  152. Alhamdulillah... dengan mengikuti pelatihan ini,saya lebih tau detailnya tentang akm yang selama ini saya tanya²kan...saya jadi lebih tau tentang perbedaan an dan UN dan juga sudah tau kriteria yang masuk dalam akm... terimakasih...🙏🙏😊😊😊

    BalasHapus
  153. Assasmen ini dilaksanakan untuk siswa kelas 5, 8 dan 11. Karena diharapkan masih ada satu thn lagi untuk memperbaiki pembelajaran. Jumlah soal akm inipun berbeda beda. Untuk siswa SD kelas 5 berjumlah 30 soal. Sedangkan untuk SMP dan SMA 36 soal.
    Soal tersebut berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.
    Nama: Nihayatul Khusna, S.Pd.- SDN BADER 03.

    BalasHapus
  154. Materinya sangat bagus n bermanfaat banget...👍👍😍😍😍

    BalasHapus
  155. Paulus Wagat Hadir dan telah mengisi presensi

    BalasHapus
  156. RASDIANTI SYAM, S.Pd Dari SMK NEGERI BULO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

    Asesmen Nasional dibagi menjadi AKM, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan,Peserta AN sudah ditentukan oleh pusat secara acak yaitu siswa kelas 5 (jenjang SD), kelas 8 (jenjang SMP) dan kelas 11 (jenjang SMA). Siswa terpilih dari kelas 5,8, dan 11 agar mereka dapat merasakan perbaikan di tahun selanjutnya setelah nilai AN keluar. AN bertujuan untuk menilai mutu satuan pendidikan, bukan mengevaluasi peserta didik.
    Pada soal AKM, terdiri dari soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

    BalasHapus
  157. Semliner Simatupang,S.Pd
    Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran

    BalasHapus


  158. Nama : Ernie Selviyanie, S.Pd
    Instansi : SDN 1 Sahurang Kec. LAU kab. HST kal-sel

    Bentuk AKM terdiri dari soal pilihan ganda,pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat,dan uraian.
    Butir soal AKM merupakan bagian dari Asessmen Nasional yang mencakup Asesmen Kompetensi mendasar yaitu literasi membaca dan asesmen kompetensi Numerasi. AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri.

    BalasHapus
  159. Materi hari ini sangat bagus memberikan pemahaman bagaimana pelaksanaan AN yang nantinya akan dilaksanakan oleh sekolah, very interesting

    BalasHapus