IDRIS, SMKN 7 PALU :Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
Yayah Juariah,S.Pd SDN Balandongan. Hadir Sebagai guru SD memang harus benar- benar memahami tentang AKM ini karena materi AKM tidak hanya berorientasi dari satu arah. Misalnya literasi membacanya saja, atau numerasinya saja. Tetapi antara keduanya itu saling mengisi. Sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Untuk kelas 1 dan 2 sangat dibutuhkan bimbingan ke dalam hal tersebut sehingga anak sudah mulai memahami isi dari suatu permasalahan atau persoalan. Anak tidak hanya mendengarkan sebuah cerita yang diberikan oleh gurunya. Tetapi anak harus bisa menyimpulkan isi cerita, memecahkan persoalan dalam cerita atau menemukan amanat yang diambil dari cerita yang didengar tersebut. Maka dari itu sebagai guru harus dapat mengarahkan anak ke suatu permasalahan sampai dapat memecahkan permasalahan tersebut. Sehingga dapat menggabungkan kompetensi yang mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku dan disposisi dalam kehidupan nyata
Kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
Literasi teks informasi dan literasi teks fiksi.numerasi suatu kompetensi yg mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku dan diaposisi.konten numerasi yaitu bilangan,pengukuran dan geometri,aljabar,data dan ketidakpastian
Rika Yustika Rahman, S.Pd sMPN SATAP LILLI Asesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi. Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.
Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
Nurul Sa'dah, S.Pd.I Instansi:SDN BLUEK ULEE GAMPONG Provinsi :Aceh Kabupaten :pidie. Kecamatan : indrajaya Asesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi. Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.
Asesmen Literasi tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks dan sekaligus membahas soal AKM pada siswa. Asesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah. Assesment numerasi : suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, ketrampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika secara luas
Nama : Siti Aminah,S.Pd Instansi : SDN 25 Tegineneng
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
Rahmi M,S.Pd SMP N 2 SUHAID sebelumnya peserta didik yang terpilih ikut AN ini harus tau membedakan soal literasi dan numerasi. peserta didik juga harus cakap dalam memahami soal-soal yang akan dianalisis untuk mendapatkan jawaban yang sesuai.
Asesmen Literasi tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks dan sekaligus membahas soal AKM pada siswa. Asesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah. Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
Asesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi. Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.
Asesmen Literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi sebagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks; Asesmen Numerasi suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan,perilaku dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas
Asesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya sehari-hari.
AKM terbagi menjadi literasi membaca dan numerasi. Untuk literasi terdiri atas 6 level sedangkan numerasi hanya 5 level. Assesmen literasi membaca untuk mengukur berbagai konten yang ada pada beberapa tingkat proses kognitif (menemukan, menginterpretasikan/mengintrasi dan mengevaluasi/merefleksi) dan berbagai konten (informasi dan fiksi). Assesmen numerasi adalah suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu instrumen Asesmen Nasional (AN) up sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Selain AKM, ada juga instrumen lain seperti survei karakter dan lingkungan belajar. Instrumen AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Kompetensi Dasar AKM. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM yakni : 1) Literasi membaca Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memaham menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 2) Literasi matematika (numerasi) Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks. Tera kasih atas penjelasannya Suherni Kastonowati, S.Pd. dari SMK Negeri 1 Sukoharjo
Materi yang disampaikan pada pertemuan dihari ke-3 ini adalah : Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Materinya sangat menarik dan bermanfaat serta menambah pengetahuan. Terimakasih penjelasan dari nara sumber. Yanuar Abadi Mendrofa,S.Pd dari SD Negeri 071157 Soroma'asi.
Alkhamdulillah bisa menyimak materi hari ketiga lewat youtùbe Asesmen Literasi membaca dan tulis Dalam literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten beberapa proses tingkat kognitif dan berbagai konteks
Dalam Kompetensi numerisasi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilakuyang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas dalam kehidupan nyata.
nama ana Latifah,S.Pd.I Instansi MI Al Ittihaad Citrosono Keterampilan literasi numerasi secara eksplisit diajarkan di dalam mata pelajaran matematika, tetapi peserta didik diberikan berbagai kesempatan untuk menggunakan matematika di luar mata pelajaran matematika, di berbagai situasi.
Menggunakan keterampilan matematika lintas kurikulum akan memperkaya pembelajaran bidang studi lain dan memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam pemahaman numerasi.
AKM di bagi menjadi dua yaitu literasi dan numerasi,, literasi berkaitan dengan baca tulis,, dan numerasi berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan menggunakan MTK yg lebih luas
Rangkuman Materi hari 3 HESTI NOVELA.S.Pd SMPN 10 TANJUNGPINANG
Fokus AKM ada 2 yaitu Literasi Membaca dan Numerasi. Setiap anak soalnya akan berbeda pada saat pengerjaannya. Untuk numerasi ada di 5 level. Asesmen literasi membaca ada 2, yaitu baca dan tulis.Dalam konten literasi membaca ada 2 jenis teks yaitu Teks informasi dan Fiksi. Pada tingkat proses kognitif Literasi membaca dituntut untuk dapat menyelesesaikan maswlah atau soal dalam menemukan informasi, interpretasi dan integrasi maupun evaluasi.
AKM dibagi menjadi dua yaitu Literasi dan Numerasi. Pada literasi terdapat 6 level dan terdiri dari teks informasi dan teks fiksi. Sedangkan pada Numerasi terdiri dari 5 level.
Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd. Asal Sekolah: SMA Negeri 7 Makassar
Materi hari ke 3 ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM AKM Ada 2 yaitu: 1. Liyerasi Membaca 2. Literasi Nunerasi
AKM Literasi Membaca: 1. Konten literasi membaca menunjukka jenis teks: Teks Iinfirmasi dan Teks Fiksi 2. Tingkat Proses Kognitif Literasi: Membaca, menemukaninformasi, interprestasi dan integrasi, evaluasi dan refleksi. 3. Kontek Literasi Membaca: Aspek kehidupan atau situs situasi untuk konten yang digunakan. Personal, Sosial Budaya, Saintifik. Asesmen Numerasi 1. Konten Numerasi: Bilangan, pengukurandan geometri, data dan ketidakpastian, Aljabar. 2. Tingkat Proses kognitif Numerasi, Pemahaman, penerapan, penalaran. 3. Kontek Numerasi Personal, Sosial Budaya, dan Sintifik.
Untuk soal AN tiap PC berbeda dan soal langsung dikirim dari kementerian. Sedangkan soal AN diberikan berdasarkan kompetensi peserta didik. Pertanyaannya apakah soal yang didapat peserta didik tidak lagi diberikan berdasarkan kemampuannya?
Rasdianti Syam, S.Pd (SMK Negeri Bulo, Kabupaten Polewali Mandar) Assesment Kompetensi Minimum Terdiri dari Literasi Membaca dan Numerasi 1. assesment Literasi baca dan menukis merupakan kemampuan/ pengetahuan dan kecakapan untuk menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
2. Assesment numerasi merupakan Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas. Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
Ya menurut saya memang pelatihan tentang Asesmen kompetensi minimal (AKM) yaitu literasi membaca, menulis dan numetasi. Literasi membaca ini semua kita baik guru maupun siswa harus banyak membaca dan menulis bukan guru mapel bahasa saja yang haus membaca dan menulis.sedangkan numerasi itu merupakan suatu kompetensi yang mencakup pengetehuan ketrampilan dan prilaku seseorang. Dengan adanya pelatihan ini sangat bermafaat ilmunya bagi saya dalam prses belajar mengajar .
Nama : FITRIANA FIOLINA, S.Pd Instansi : SMPN 17 PESAWARAN
Materi yang saya dapat hari ini bahwa AKM dibagi menjadi 2 yaitu asesmen literasi membaca dan numerasi. Asesmen literasi tidak hanya sekedar membaca tetapi dari literasi tersebut siswa dapat menemukan informasi, menyimpulkan, menceritakan atau mempresentasikan hasil atau informasi apa yang di dapat dari apa yang mereka baca. sedangkan asesmen numerasi siswa diharapkan mampu memahami, menerapkan dan menalar menyelesaikan masalah dengan konsep matematika.
Nama Asmawati Tambak Instasi: SMA NEGERI 1 SILANGKITANG
AKM di bagi menjadi 2. Literasi membaca dan numerasi. Literasi baca tulis merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk membaca,menulis,mencari,menelusuri,mengolah dan memahmi informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan meggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan,mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Sedangkan numerasi suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku,disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dan cakupan dan situasi yang lebih luas.
Nama ana latifah Instansi MI Al Ittihaad citrosono Literasi dan numerasi terkait dengan kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk, baik berupa gafik, tabel, dan bagan, kemudian menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita. Kemampuan ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan cakap menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Keduanya berlandaskan pada pengetahuan dan keterampilan yang sama, tetapi perbedaannya terletak pada pemberdayaan pengetahuan dan keterampilan Keterampilan literasi numerasi secara eksplisit diajarkan di dalam mata pelajaran matematika, tetapi peserta didik diberikan berbagai kesempatan untuk menggunakan matematika di luar mata pelajaran matematika, di berbagai situasi.
Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd. Asal Sekolah: SMAN7 Makassar Materi hari 3 sangat bermanfaat, kita dapat memahami AKM yang terbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi. TerimaKasih min atas ilmunya hari ini.
Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd. Asal Sekolah: SMAN 7 Makassar Hadir materi ke 3.
Materi hari ke 3 Asesmen Kompetensi Merbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi. AKM Literasi Membaca tidak hanya mengukur topik atau kinten tertentu, tetapi berbagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks. Asesmen Numerasi Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan keterampilan, prilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Asesmen numerasi Suatu komponen yang mencangkup pengetahuan ketrampilan prilaku dan disposisi yang di butuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas
Asesmen Kompetensi Merbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi. AKM Literasi Membaca tidak hanya mengukur topik atau kinten tertentu, tetapi berbagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks. Asesmen Numerasi Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan keterampilan, prilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih
Ani Juartini, S.Pd Alhamdulillah dengan adanya pelatihan ini dapat menambah wawasan dan ilmu dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah, semoga ke depan nya mutu pendidikan dapat meningkat di berbagai jenjang pendidikan, untuk pendidikan di indonesia.
Nita Sitanggang, S.Pd SMPN 1 Lumbajulu Pelatihan seperti ini hendaknya juga diadakan bagi peserta didik agar tidak takut ketika akan diikuti sehinggan tidak terjadi trauma seperti UN.
Dalam Asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi beeisi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks Dalam pelaksanaan AKM konten literasi terdiri atas jenis teks informasi ( beeisi informasi fakta) dan teks fiksi(cerita) Dalam penilaiannya Asesmen Literasi dan numerasi, mengukur konten tertentu yang di dasarkan pada kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari materi apapun
IDRIS, SMKN 7 PALU :Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
BalasHapusmenelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,
keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
dalam kehidupan nyata.
Benar sekali...
HapusBetul
HapusHerlina Helnayanti.S.Pd.I SDN Kisambi Hulu 2,,hadir
BalasHapusYayah Juariah,S.Pd
HapusSDN Balandongan. Hadir
Sebagai guru SD memang harus benar- benar memahami tentang AKM ini karena materi AKM tidak hanya berorientasi dari satu arah. Misalnya literasi membacanya saja, atau numerasinya saja. Tetapi antara keduanya itu saling mengisi. Sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Untuk kelas 1 dan 2 sangat dibutuhkan bimbingan ke dalam hal tersebut sehingga anak sudah mulai memahami isi dari suatu permasalahan atau persoalan. Anak tidak hanya mendengarkan sebuah cerita yang diberikan oleh gurunya. Tetapi anak harus bisa menyimpulkan isi cerita, memecahkan persoalan dalam cerita atau menemukan amanat yang diambil dari cerita yang didengar tersebut. Maka dari itu sebagai guru harus dapat mengarahkan anak ke suatu permasalahan sampai dapat memecahkan permasalahan tersebut. Sehingga dapat menggabungkan kompetensi yang mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku dan disposisi dalam kehidupan nyata
Ali Baderun.S.Pd.I SDN Pimping Hadir
BalasHapusFauziah Fadlah, S. Pd. SDN 106864 Hutanauli hadir
BalasHapusKompetensi yang mencakup pengetahuan,
BalasHapusketerampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
BalasHapusmatematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
Hadir
BalasHapusSISWA MEMAHAMI LIERASI
BalasHapusEvi kusmardiyatin,hadir.sy sangat senang dengan adanya seminar AKM.karena BS lebih mengerti apa itu AN dan UN
BalasHapusMuhamad ishak wahid upt sdn nambo udik 2
BalasHapusUntuk AN bagi kelas 5 cukup antusias
Terima kasih, sedikit punya gambaran tentang soal-soal AKM.
BalasHapusLiterasi teks informasi dan literasi teks fiksi.numerasi suatu kompetensi yg mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku dan diaposisi.konten numerasi yaitu bilangan,pengukuran dan geometri,aljabar,data dan ketidakpastian
BalasHapusMeynar Hindrya, S.Pd AUD
BalasHapusPembelajaran dari tingkat kelas 1 sampai ke kelas 6 harus mengalami kenaikan level secara bertahap..
Akm diharapkan untuk mutu pendidikan, jadi harus butuh proses..
Pembelajaran ini sangat memberikan pengetahuan kepada para pendidik
BalasHapusRika Yustika Rahman, S.Pd
BalasHapussMPN SATAP LILLI
Asesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi.
Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.
materinya sangat menarik dan menginspiasi
BalasHapusSitti Asmi SMPN 4 Raha
Nama
BalasHapusEka okta susyanti Spd
Sd n 3 sukadana baru
Sangat bermanfaat sekali.dapat mengetahui dan memahami apa itu Asesmen nasional ,
JUMARDI, S.Pd., Gr. - UPTD SMP Negeri 4 Tobadak, Hadir.
BalasHapusIjin bertanya tentang penggunaan numerasi dalam pembelajaran bahasa inggris
BalasHapusPengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
BalasHapusmenelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,
keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
ARIF MUADIM - MA AL ISYAD GAJAH DEMAK
BalasHapusTerima kasih materinya Tim e-Sky. Jadi mengerti lebih lengkap tentang level kompetensi di AN.
Hanifah Parliana,S.Pd SD Negeri 023 Samboja Kutai Kartanegara Hadir
BalasHapusNurul Sa'dah, S.Pd.I
BalasHapusInstansi:SDN BLUEK ULEE GAMPONG
Provinsi :Aceh
Kabupaten :pidie.
Kecamatan : indrajaya
Asesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi.
Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.
Asesmen Literasi tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks dan sekaligus membahas soal AKM pada siswa. Asesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah.
BalasHapusAssesment numerasi : suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, ketrampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika secara luas
Terimakasih...sudah memberikan Ilmunya mengenai AKM dengan (Literasi Membaca dan Numerasi) beserta contohnya🙏.
BalasHapusLilik Suaibatul Islamiyah,S.Pd
BalasHapusTerimakasih semoga materi hari ini bermanfaat .....semangat
AKM meliputi Literasi dan Numerasi dan beberapa tingkatan level pembelajarannya
BalasHapusASNAH HARIYANI,S.Pd
SDN 002 SAMBALIUNG
Nama : Siti Aminah,S.Pd
BalasHapusInstansi : SDN 25 Tegineneng
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,
keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
Rahmi M,S.Pd
BalasHapusSMP N 2 SUHAID
sebelumnya peserta didik yang terpilih ikut AN ini harus tau membedakan soal literasi dan numerasi. peserta didik juga harus cakap dalam memahami soal-soal yang akan dianalisis untuk mendapatkan jawaban yang sesuai.
BalasHapusAsesmen Literasi tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks dan sekaligus membahas soal AKM pada siswa. Asesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
Tika hendah susanti,smkn 4 padalarang hadir dan sudah mengisi presensi dan rangkuman
BalasHapusAsesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
BalasHapusmenelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi.
Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.
Materinya sangat bermanfaat dan menginspirasi
BalasHapusTerimakasih atas penjelasan nya tentang materi,literasi dan assemen numerasi,semoga ilmunya bermanfaat untuk kmi semua yg mengikuti pelatihan ini
BalasHapusAsesmen Literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi sebagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks; Asesmen Numerasi suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan,perilaku dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas
BalasHapusAsesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya sehari-hari.
BalasHapusTerimakasih materi hari ini karena sangat bermanfaat dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tempat saya bertugas
BalasHapusAlhamdulillah sangat bermanfaat
BalasHapusAKM terbagi menjadi literasi membaca dan numerasi. Untuk literasi terdiri atas 6 level sedangkan numerasi hanya 5 level. Assesmen literasi membaca untuk mengukur berbagai konten yang ada pada beberapa tingkat proses kognitif (menemukan, menginterpretasikan/mengintrasi dan mengevaluasi/merefleksi) dan berbagai konten (informasi dan fiksi). Assesmen numerasi adalah suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
BalasHapusSangat bermanfaat materi asesman
BalasHapusAsesmen Kompetensi
BalasHapusMinimum (AKM) merupakan salah satu
instrumen Asesmen Nasional (AN) up
sebagai pengganti Ujian Nasional (UN).
Selain AKM, ada juga instrumen lain
seperti survei karakter dan lingkungan
belajar.
Instrumen AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.
Kompetensi Dasar AKM.
Terdapat dua kompetensi mendasar
yang diukur AKM yakni :
1) Literasi membaca
Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memaham menggunakan, mengevaluasi,
merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan
kapasitas individu sebagai warga
Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
2) Literasi matematika (numerasi)
Numerasi adalah kemampuan berpikir
menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari
pada berbagai jenis konteks.
Tera kasih atas penjelasannya
Suherni Kastonowati, S.Pd. dari SMK Negeri 1 Sukoharjo
Materi yang disampaikan pada pertemuan dihari ke-3 ini adalah : Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
BalasHapusmenelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,
keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
BalasHapusmatematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
Hadir kembali
BalasHapusKetut Era Muliani.S.Pd.H
BalasHapusSD Negeri 10 Pemecutan hadir
Ketut Era Muliani.S.Pd.H
BalasHapusSD Negeri 10 Pemecutan hadir
Pada intinya .numerasi saat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung atau matematika.
Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
BalasHapusmenelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Materinya sangat menarik dan bermanfaat serta menambah pengetahuan. Terimakasih penjelasan dari nara sumber. Yanuar Abadi Mendrofa,S.Pd dari SD Negeri 071157 Soroma'asi.
BalasHapusAlkhamdulillah bisa menyimak materi hari ketiga lewat youtùbe
BalasHapusAsesmen Literasi membaca dan tulis
Dalam literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten beberapa proses tingkat kognitif dan berbagai konteks
Dalam Kompetensi numerisasi yang mencakup pengetahuan,
BalasHapusketerampilan, perilakuyang dibutuhkan
siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
dan situasi yang lebih luas dalam kehidupan nyata.
Titin Purbayanti, S.Pd.I, SDN KARAMATJAYA, CIGALONTANF TASIKMALAYA JAWA BARAT Hadir, menyimak
BalasHapusMaterinya sangat bagus dan menarik, menambah pengetahuan. Wahyudi Prasetiyo, S.Pd SDN 16 GEDONG TATAAN.
BalasHapusTerimakasih untuk Nara sumber hati ini
AKM lebih kepada literasi dan numerasi dan soal" AKM pun bersifat menganalisis
BalasHapusTerima kasih materinya sangat menarik dan bermanfaat dengan mengikuti ini lebih mengerti apa itu asesmen literasi dan asesmen numerasi🙏
BalasHapusnama ana Latifah,S.Pd.I
BalasHapusInstansi MI Al Ittihaad Citrosono
Keterampilan literasi numerasi secara eksplisit diajarkan di dalam mata pelajaran matematika, tetapi peserta didik diberikan berbagai kesempatan untuk menggunakan matematika di luar mata pelajaran matematika, di berbagai situasi.
Menggunakan keterampilan matematika lintas kurikulum akan memperkaya pembelajaran bidang studi lain dan memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam pemahaman numerasi.
AKM di bagi menjadi dua yaitu literasi dan numerasi,, literasi berkaitan dengan baca tulis,, dan numerasi berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan menggunakan MTK yg lebih luas
BalasHapusTrimakasih ilmunya sangat bermanfaat.
BalasHapusTrims untuk materi hari ke3 semoga bermanfaat
BalasHapusTerima kasih atas ilmunya hari ini sangat bermanfaat
BalasHapusLiterasi harus diterapkan disemua jenjang. Sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih ilmunya sangat bermanfaat untuk kemajuan pendidikan.
BalasHapusALHAMDULILLAH SDH BISA MENGERTI APA ITU LITERASI MEMBACA DAN APA ITU NUMERASI
BalasHapusPelatihan ini semakin menambah Wawasan saya dalam mempersiapkan dalam menghadapi akm
BalasHapusMateri sangat bermanfaat
BalasHapusRangkuman Materi hari 3
BalasHapusHESTI NOVELA.S.Pd
SMPN 10 TANJUNGPINANG
Fokus AKM ada 2 yaitu Literasi Membaca dan Numerasi. Setiap anak soalnya akan berbeda pada saat pengerjaannya. Untuk numerasi ada di 5 level.
Asesmen literasi membaca ada 2, yaitu baca dan tulis.Dalam konten literasi membaca ada 2 jenis teks yaitu Teks informasi dan Fiksi. Pada tingkat proses kognitif Literasi membaca dituntut untuk dapat menyelesesaikan maswlah atau soal dalam menemukan informasi, interpretasi dan integrasi maupun evaluasi.
Astiah, S.Pd - SDN Lenggahjaya 01
BalasHapusAKM dibagi menjadi dua yaitu Literasi dan Numerasi. Pada literasi terdapat 6 level dan terdiri dari teks informasi dan teks fiksi. Sedangkan pada Numerasi terdiri dari 5 level.
Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd.
BalasHapusAsal Sekolah: SMA Negeri 7 Makassar
Materi hari ke 3
ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM
AKM Ada 2 yaitu:
1. Liyerasi Membaca
2. Literasi Nunerasi
AKM Literasi Membaca:
1. Konten literasi membaca menunjukka jenis teks:
Teks Iinfirmasi dan Teks Fiksi
2. Tingkat Proses Kognitif Literasi:
Membaca, menemukaninformasi, interprestasi dan integrasi, evaluasi dan refleksi.
3. Kontek Literasi Membaca:
Aspek kehidupan atau situs situasi untuk konten yang digunakan.
Personal, Sosial Budaya, Saintifik.
Asesmen Numerasi
1. Konten Numerasi:
Bilangan, pengukurandan geometri, data dan ketidakpastian, Aljabar.
2. Tingkat Proses kognitif Numerasi,
Pemahaman, penerapan, penalaran.
3. Kontek Numerasi
Personal, Sosial Budaya, dan Sintifik.
Terima Kasih.
Untuk soal AN tiap PC berbeda dan soal langsung dikirim dari kementerian. Sedangkan soal AN diberikan berdasarkan kompetensi peserta didik. Pertanyaannya apakah soal yang didapat peserta didik tidak lagi diberikan berdasarkan kemampuannya?
BalasHapusSiti Rahayu Agustini,S.Pd.SD
BalasHapusSDN Toket 2
ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM terdiri dari Literasi Membaca dan Numerasi
Rasdianti Syam, S.Pd (SMK Negeri Bulo, Kabupaten Polewali Mandar) Assesment Kompetensi Minimum Terdiri dari Literasi Membaca dan Numerasi
BalasHapus1. assesment Literasi baca dan menukis merupakan kemampuan/ pengetahuan dan kecakapan untuk menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
2. Assesment numerasi merupakan Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
Hadir,
BalasHapusI Gede Warmadika Pasek, S. Pd
SMP Negeri 3 Denpasar
PELATIHAN INI SANGAT BERMANFAAT, KRN KITA DAPAT ILMU LAGI TENTANG APA ITU LITERASI MEMBACA DAN APA ITU INUMERASI
BalasHapusRahmi M, S. Pd
BalasHapusSMP N 2 SUHAID
peserta didik harus tau membedakan soal literasi dan numerasi, serta teliti dalam menganalisa soal dalam mengerjakan AN.
Ya menurut saya memang pelatihan tentang Asesmen kompetensi minimal (AKM) yaitu literasi membaca, menulis dan numetasi. Literasi membaca ini semua kita baik guru maupun siswa harus banyak membaca dan menulis bukan guru mapel bahasa saja yang haus membaca dan menulis.sedangkan numerasi itu merupakan suatu kompetensi yang mencakup pengetehuan ketrampilan dan prilaku seseorang.
BalasHapusDengan adanya pelatihan ini sangat bermafaat ilmunya bagi saya dalam prses belajar mengajar .
Nama : FITRIANA FIOLINA, S.Pd
BalasHapusInstansi : SMPN 17 PESAWARAN
Materi yang saya dapat hari ini bahwa AKM dibagi menjadi 2 yaitu asesmen literasi membaca dan numerasi. Asesmen literasi tidak hanya sekedar membaca tetapi dari literasi tersebut siswa dapat menemukan informasi, menyimpulkan, menceritakan atau mempresentasikan hasil atau informasi apa yang di dapat dari apa yang mereka baca. sedangkan asesmen numerasi siswa diharapkan mampu memahami, menerapkan dan menalar menyelesaikan masalah dengan konsep matematika.
Yulia Ismawati
BalasHapusMI Salafiyah Karangjompo
Materi hari ini berisi tentang materi AKM: Literasi membaca dan literasi numerasi.
Nama Asmawati Tambak
BalasHapusInstasi: SMA NEGERI 1 SILANGKITANG
AKM di bagi menjadi 2. Literasi membaca dan numerasi. Literasi baca tulis merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk membaca,menulis,mencari,menelusuri,mengolah dan memahmi informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan meggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan,mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Sedangkan numerasi suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku,disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dan cakupan dan situasi yang lebih luas.
Nama ana latifah
BalasHapusInstansi MI Al Ittihaad citrosono
Literasi dan numerasi terkait dengan kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk, baik berupa gafik, tabel, dan bagan, kemudian menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.
Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.
Kemampuan ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan cakap menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan.
Keduanya berlandaskan pada pengetahuan dan keterampilan yang sama, tetapi perbedaannya terletak pada pemberdayaan pengetahuan dan keterampilan
Keterampilan literasi numerasi secara eksplisit diajarkan di dalam mata pelajaran matematika, tetapi peserta didik diberikan berbagai kesempatan untuk menggunakan matematika di luar mata pelajaran matematika, di berbagai situasi.
Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd.
BalasHapusAsal Sekolah: SMAN7 Makassar
Materi hari 3 sangat bermanfaat, kita dapat memahami AKM yang terbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi. TerimaKasih min atas ilmunya hari ini.
Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd.
BalasHapusAsal Sekolah: SMAN 7 Makassar
Hadir materi ke 3.
Materi hari ke 3
Asesmen Kompetensi Merbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi.
AKM Literasi Membaca tidak hanya mengukur topik atau kinten tertentu, tetapi berbagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks.
Asesmen Numerasi
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan keterampilan, prilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
Nur Indah Kurniawati, S. Pd
BalasHapusSMPN 11 Talang Ubi, Kabupaten PALI
Materi Hari ke-3 sangatlah penting, saya yang sangat awam tentang dunia pendidikan menjadi berangsur paham, Terimakasih 🙏☺️
BalasHapusAsesmen numerasi
BalasHapusSuatu komponen yang mencangkup pengetahuan ketrampilan prilaku dan disposisi yang di butuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas
Eka okta susyanti spd
HapusSd N 3 sukadana baru lampung timur
Asesmen Kompetensi Merbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi.
BalasHapusAKM Literasi Membaca tidak hanya mengukur topik atau kinten tertentu, tetapi berbagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks.
Asesmen Numerasi
Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan keterampilan, prilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih
Ani Juartini, S.Pd
BalasHapusAlhamdulillah dengan adanya pelatihan ini dapat menambah wawasan dan ilmu dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah, semoga ke depan nya mutu pendidikan dapat meningkat di berbagai jenjang pendidikan, untuk pendidikan di indonesia.
Saya senang ikut pelatihan ini banyak sekali ilmu yang bermanfaat untuk saya sebagai seorang guru 🙏
BalasHapusNita Sitanggang, S.Pd
BalasHapusSMPN 1 Lumbajulu
Pelatihan seperti ini hendaknya juga diadakan bagi peserta didik agar tidak takut ketika akan diikuti sehinggan tidak terjadi trauma seperti UN.
SUHERLINA,S.Pd
BalasHapusSMKN 1 SUSUKAN
Dalam Asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi beeisi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks
Dalam pelaksanaan AKM konten literasi terdiri atas jenis teks informasi ( beeisi informasi fakta) dan teks fiksi(cerita)
Dalam penilaiannya Asesmen Literasi dan numerasi, mengukur konten tertentu yang di dasarkan pada kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari materi apapun
Terimakasih semoga terus berjalan dengan baik dan lancar
BalasHapuskembali hadir untuk menerima materi
BalasHapus