[Hari 3] Materi dan Presensi Pelatihan Asesmen Nasional Hari 3



94 komentar:

  1. IDRIS, SMKN 7 PALU :Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
    menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
    menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
    mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
    untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

    Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,
    keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
    siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
    dan situasi yang lebih luas.

    Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
    matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
    pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah

    dalam kehidupan nyata.

    BalasHapus
  2. Herlina Helnayanti.S.Pd.I SDN Kisambi Hulu 2,,hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yayah Juariah,S.Pd
      SDN Balandongan. Hadir
      Sebagai guru SD memang harus benar- benar memahami tentang AKM ini karena materi AKM tidak hanya berorientasi dari satu arah. Misalnya literasi membacanya saja, atau numerasinya saja. Tetapi antara keduanya itu saling mengisi. Sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Untuk kelas 1 dan 2 sangat dibutuhkan bimbingan ke dalam hal tersebut sehingga anak sudah mulai memahami isi dari suatu permasalahan atau persoalan. Anak tidak hanya mendengarkan sebuah cerita yang diberikan oleh gurunya. Tetapi anak harus bisa menyimpulkan isi cerita, memecahkan persoalan dalam cerita atau menemukan amanat yang diambil dari cerita yang didengar tersebut. Maka dari itu sebagai guru harus dapat mengarahkan anak ke suatu permasalahan sampai dapat memecahkan permasalahan tersebut. Sehingga dapat menggabungkan kompetensi yang mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku dan disposisi dalam kehidupan nyata

      Hapus
  3. Ali Baderun.S.Pd.I SDN Pimping Hadir

    BalasHapus
  4. Fauziah Fadlah, S. Pd. SDN 106864 Hutanauli hadir

    BalasHapus
  5. Kompetensi yang mencakup pengetahuan,
    keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
    siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
    dan situasi yang lebih luas.

    BalasHapus
  6. Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
    matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah

    BalasHapus
  7. Evi kusmardiyatin,hadir.sy sangat senang dengan adanya seminar AKM.karena BS lebih mengerti apa itu AN dan UN

    BalasHapus
  8. Muhamad ishak wahid upt sdn nambo udik 2
    Untuk AN bagi kelas 5 cukup antusias

    BalasHapus
  9. Terima kasih, sedikit punya gambaran tentang soal-soal AKM.

    BalasHapus
  10. Literasi teks informasi dan literasi teks fiksi.numerasi suatu kompetensi yg mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku dan diaposisi.konten numerasi yaitu bilangan,pengukuran dan geometri,aljabar,data dan ketidakpastian

    BalasHapus
  11. Meynar Hindrya, S.Pd AUD

    Pembelajaran dari tingkat kelas 1 sampai ke kelas 6 harus mengalami kenaikan level secara bertahap..

    Akm diharapkan untuk mutu pendidikan, jadi harus butuh proses..

    BalasHapus
  12. Pembelajaran ini sangat memberikan pengetahuan kepada para pendidik

    BalasHapus
  13. Rika Yustika Rahman, S.Pd
    sMPN SATAP LILLI
    Asesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
    menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
    menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
    mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
    untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi.
    Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.

    BalasHapus
  14. materinya sangat menarik dan menginspiasi
    Sitti Asmi SMPN 4 Raha

    BalasHapus
  15. Nama
    Eka okta susyanti Spd
    Sd n 3 sukadana baru
    Sangat bermanfaat sekali.dapat mengetahui dan memahami apa itu Asesmen nasional ,

    BalasHapus
  16. JUMARDI, S.Pd., Gr. - UPTD SMP Negeri 4 Tobadak, Hadir.

    BalasHapus
  17. Ijin bertanya tentang penggunaan numerasi dalam pembelajaran bahasa inggris

    BalasHapus
  18. Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
    menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
    menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
    mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
    untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

    Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,
    keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
    siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
    dan situasi yang lebih luas.

    Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
    matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
    pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah

    BalasHapus
  19. ARIF MUADIM - MA AL ISYAD GAJAH DEMAK

    Terima kasih materinya Tim e-Sky. Jadi mengerti lebih lengkap tentang level kompetensi di AN.

    BalasHapus
  20. Hanifah Parliana,S.Pd SD Negeri 023 Samboja Kutai Kartanegara Hadir

    BalasHapus
  21. Nurul Sa'dah, S.Pd.I
    Instansi:SDN BLUEK ULEE GAMPONG
    Provinsi :Aceh
    Kabupaten :pidie.
    Kecamatan : indrajaya
    Asesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
    menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
    menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
    mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
    untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi.
    Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.

    BalasHapus
  22. Asesmen Literasi tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks dan sekaligus membahas soal AKM pada siswa. Asesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah.
    Assesment numerasi : suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, ketrampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika secara luas

    BalasHapus
  23. Terimakasih...sudah memberikan Ilmunya mengenai AKM dengan (Literasi Membaca dan Numerasi) beserta contohnya🙏.

    BalasHapus
  24. Lilik Suaibatul Islamiyah,S.Pd
    Terimakasih semoga materi hari ini bermanfaat .....semangat

    BalasHapus
  25. AKM meliputi Literasi dan Numerasi dan beberapa tingkatan level pembelajarannya
    ASNAH HARIYANI,S.Pd
    SDN 002 SAMBALIUNG

    BalasHapus
  26. Nama : Siti Aminah,S.Pd
    Instansi : SDN 25 Tegineneng

    Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,
    keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
    siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
    dan situasi yang lebih luas.

    Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
    matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
    pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

    BalasHapus
  27. Rahmi M,S.Pd
    SMP N 2 SUHAID
    sebelumnya peserta didik yang terpilih ikut AN ini harus tau membedakan soal literasi dan numerasi. peserta didik juga harus cakap dalam memahami soal-soal yang akan dianalisis untuk mendapatkan jawaban yang sesuai.

    BalasHapus

  28. Asesmen Literasi tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks dan sekaligus membahas soal AKM pada siswa. Asesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah.
    Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
    matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah

    BalasHapus
  29. Tika hendah susanti,smkn 4 padalarang hadir dan sudah mengisi presensi dan rangkuman

    BalasHapus
  30. Asesmen literasi merupakan Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
    menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
    menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
    mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
    untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Konten literasi terdiri dari literasi teks informasi dan literasi teks fiksi.
    Asesmen numerasi merupakan penegetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yg dibuyuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam situasi yang lebih luas. Asesmen numerasi menuntut siswa untuk memahanj penggunaan matematika dalam kehidupan. Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian dan aljabar.

    BalasHapus
  31. Materinya sangat bermanfaat dan menginspirasi

    BalasHapus
  32. Terimakasih atas penjelasan nya tentang materi,literasi dan assemen numerasi,semoga ilmunya bermanfaat untuk kmi semua yg mengikuti pelatihan ini

    BalasHapus
  33. Asesmen Literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi sebagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks; Asesmen Numerasi suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan,perilaku dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas

    BalasHapus
  34. Asesmen Numerasi membahas tentang mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya sehari-hari.

    BalasHapus
  35. Terimakasih materi hari ini karena sangat bermanfaat dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tempat saya bertugas

    BalasHapus
  36. AKM terbagi menjadi literasi membaca dan numerasi. Untuk literasi terdiri atas 6 level sedangkan numerasi hanya 5 level. Assesmen literasi membaca untuk mengukur berbagai konten yang ada pada beberapa tingkat proses kognitif (menemukan, menginterpretasikan/mengintrasi dan mengevaluasi/merefleksi) dan berbagai konten (informasi dan fiksi). Assesmen numerasi adalah suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.

    BalasHapus
  37. Sangat bermanfaat materi asesman

    BalasHapus
  38. Asesmen Kompetensi
    Minimum (AKM) merupakan salah satu
    instrumen Asesmen Nasional (AN) up
    sebagai pengganti Ujian Nasional (UN).
    Selain AKM, ada juga instrumen lain
    seperti survei karakter dan lingkungan
    belajar.
    Instrumen AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.
    Kompetensi Dasar AKM.
    Terdapat dua kompetensi mendasar
    yang diukur AKM yakni :
    1) Literasi membaca
    Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memaham menggunakan, mengevaluasi,
    merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan
    kapasitas individu sebagai warga
    Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
    2) Literasi matematika (numerasi)
    Numerasi adalah kemampuan berpikir
    menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk
    menyelesaikan masalah sehari-hari
    pada berbagai jenis konteks.
    Tera kasih atas penjelasannya
    Suherni Kastonowati, S.Pd. dari SMK Negeri 1 Sukoharjo

    BalasHapus
  39. Materi yang disampaikan pada pertemuan dihari ke-3 ini adalah : Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
    menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
    menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
    mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
    untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

    Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,
    keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan
    siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
    dan situasi yang lebih luas.

    Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
    matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
    pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah

    BalasHapus
  40. Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran
    matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan
    pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

    BalasHapus
  41. Ketut Era Muliani.S.Pd.H
    SD Negeri 10 Pemecutan hadir

    BalasHapus
  42. Ketut Era Muliani.S.Pd.H
    SD Negeri 10 Pemecutan hadir

    Pada intinya .numerasi saat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung atau matematika.

    BalasHapus
  43. Pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
    menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
    menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk
    mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta
    untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

    BalasHapus
  44. Materinya sangat menarik dan bermanfaat serta menambah pengetahuan. Terimakasih penjelasan dari nara sumber. Yanuar Abadi Mendrofa,S.Pd dari SD Negeri 071157 Soroma'asi.

    BalasHapus
  45. Alkhamdulillah bisa menyimak materi hari ketiga lewat youtùbe
    Asesmen Literasi membaca dan tulis
    Dalam literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten beberapa proses tingkat kognitif dan berbagai konteks

    BalasHapus
  46. Dalam Kompetensi numerisasi yang mencakup pengetahuan,
    keterampilan, perilakuyang dibutuhkan
    siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan
    dan situasi yang lebih luas dalam kehidupan nyata.

    BalasHapus
  47. Titin Purbayanti, S.Pd.I, SDN KARAMATJAYA, CIGALONTANF TASIKMALAYA JAWA BARAT Hadir, menyimak

    BalasHapus
  48. Materinya sangat bagus dan menarik, menambah pengetahuan. Wahyudi Prasetiyo, S.Pd SDN 16 GEDONG TATAAN.
    Terimakasih untuk Nara sumber hati ini

    BalasHapus
  49. AKM lebih kepada literasi dan numerasi dan soal" AKM pun bersifat menganalisis

    BalasHapus
  50. Terima kasih materinya sangat menarik dan bermanfaat dengan mengikuti ini lebih mengerti apa itu asesmen literasi dan asesmen numerasi🙏

    BalasHapus
  51. nama ana Latifah,S.Pd.I
    Instansi MI Al Ittihaad Citrosono
    Keterampilan literasi numerasi secara eksplisit diajarkan di dalam mata pelajaran matematika, tetapi peserta didik diberikan berbagai kesempatan untuk menggunakan matematika di luar mata pelajaran matematika, di berbagai situasi.

    Menggunakan keterampilan matematika lintas kurikulum akan memperkaya pembelajaran bidang studi lain dan memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam pemahaman numerasi.

    BalasHapus
  52. AKM di bagi menjadi dua yaitu literasi dan numerasi,, literasi berkaitan dengan baca tulis,, dan numerasi berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan menggunakan MTK yg lebih luas

    BalasHapus
  53. Trimakasih ilmunya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  54. Trims untuk materi hari ke3 semoga bermanfaat

    BalasHapus
  55. Terima kasih atas ilmunya hari ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  56. Literasi harus diterapkan disemua jenjang. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  57. Terima kasih ilmunya sangat bermanfaat untuk kemajuan pendidikan.

    BalasHapus
  58. ALHAMDULILLAH SDH BISA MENGERTI APA ITU LITERASI MEMBACA DAN APA ITU NUMERASI

    BalasHapus
  59. Pelatihan ini semakin menambah Wawasan saya dalam mempersiapkan dalam menghadapi akm

    BalasHapus
  60. Rangkuman Materi hari 3
    HESTI NOVELA.S.Pd
    SMPN 10 TANJUNGPINANG

    Fokus AKM ada 2 yaitu Literasi Membaca dan Numerasi. Setiap anak soalnya akan berbeda pada saat pengerjaannya. Untuk numerasi ada di 5 level.
    Asesmen literasi membaca ada 2, yaitu baca dan tulis.Dalam konten literasi membaca ada 2 jenis teks yaitu Teks informasi dan Fiksi. Pada tingkat proses kognitif Literasi membaca dituntut untuk dapat menyelesesaikan maswlah atau soal dalam menemukan informasi, interpretasi dan integrasi maupun evaluasi.

    BalasHapus
  61. Astiah, S.Pd - SDN Lenggahjaya 01

    AKM dibagi menjadi dua yaitu Literasi dan Numerasi. Pada literasi terdapat 6 level dan terdiri dari teks informasi dan teks fiksi. Sedangkan pada Numerasi terdiri dari 5 level.

    BalasHapus
  62. Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd.
    Asal Sekolah: SMA Negeri 7 Makassar

    Materi hari ke 3
    ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM
    AKM Ada 2 yaitu:
    1. Liyerasi Membaca
    2. Literasi Nunerasi

    AKM Literasi Membaca:
    1. Konten literasi membaca menunjukka jenis teks:
    Teks Iinfirmasi dan Teks Fiksi
    2. Tingkat Proses Kognitif Literasi:
    Membaca, menemukaninformasi, interprestasi dan integrasi, evaluasi dan refleksi.
    3. Kontek Literasi Membaca:
    Aspek kehidupan atau situs situasi untuk konten yang digunakan.
    Personal, Sosial Budaya, Saintifik.
    Asesmen Numerasi
    1. Konten Numerasi:
    Bilangan, pengukurandan geometri, data dan ketidakpastian, Aljabar.
    2. Tingkat Proses kognitif Numerasi,
    Pemahaman, penerapan, penalaran.
    3. Kontek Numerasi
    Personal, Sosial Budaya, dan Sintifik.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  63. Untuk soal AN tiap PC berbeda dan soal langsung dikirim dari kementerian. Sedangkan soal AN diberikan berdasarkan kompetensi peserta didik. Pertanyaannya apakah soal yang didapat peserta didik tidak lagi diberikan berdasarkan kemampuannya?

    BalasHapus
  64. Siti Rahayu Agustini,S.Pd.SD
    SDN Toket 2

    ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM terdiri dari Literasi Membaca dan Numerasi


    BalasHapus
  65. Rasdianti Syam, S.Pd (SMK Negeri Bulo, Kabupaten Polewali Mandar) Assesment Kompetensi Minimum Terdiri dari Literasi Membaca dan Numerasi
    1. assesment Literasi baca dan menukis merupakan kemampuan/ pengetahuan dan kecakapan untuk menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

    2. Assesment numerasi merupakan Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.
    Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

    BalasHapus
  66. Hadir,
    I Gede Warmadika Pasek, S. Pd
    SMP Negeri 3 Denpasar

    BalasHapus
  67. PELATIHAN INI SANGAT BERMANFAAT, KRN KITA DAPAT ILMU LAGI TENTANG APA ITU LITERASI MEMBACA DAN APA ITU INUMERASI

    BalasHapus
  68. Rahmi M, S. Pd
    SMP N 2 SUHAID
    peserta didik harus tau membedakan soal literasi dan numerasi, serta teliti dalam menganalisa soal dalam mengerjakan AN.

    BalasHapus
  69. Ya menurut saya memang pelatihan tentang Asesmen kompetensi minimal (AKM) yaitu literasi membaca, menulis dan numetasi. Literasi membaca ini semua kita baik guru maupun siswa harus banyak membaca dan menulis bukan guru mapel bahasa saja yang haus membaca dan menulis.sedangkan numerasi itu merupakan suatu kompetensi yang mencakup pengetehuan ketrampilan dan prilaku seseorang.
    Dengan adanya pelatihan ini sangat bermafaat ilmunya bagi saya dalam prses belajar mengajar .

    BalasHapus
  70. Nama : FITRIANA FIOLINA, S.Pd
    Instansi : SMPN 17 PESAWARAN

    Materi yang saya dapat hari ini bahwa AKM dibagi menjadi 2 yaitu asesmen literasi membaca dan numerasi. Asesmen literasi tidak hanya sekedar membaca tetapi dari literasi tersebut siswa dapat menemukan informasi, menyimpulkan, menceritakan atau mempresentasikan hasil atau informasi apa yang di dapat dari apa yang mereka baca. sedangkan asesmen numerasi siswa diharapkan mampu memahami, menerapkan dan menalar menyelesaikan masalah dengan konsep matematika.

    BalasHapus
  71. Yulia Ismawati
    MI Salafiyah Karangjompo
    Materi hari ini berisi tentang materi AKM: Literasi membaca dan literasi numerasi.

    BalasHapus
  72. Nama Asmawati Tambak
    Instasi: SMA NEGERI 1 SILANGKITANG

    AKM di bagi menjadi 2. Literasi membaca dan numerasi. Literasi baca tulis merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk membaca,menulis,mencari,menelusuri,mengolah dan memahmi informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan meggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan,mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
    Sedangkan numerasi suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan,keterampilan,prilaku,disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dan cakupan dan situasi yang lebih luas.

    BalasHapus
  73. Nama ana latifah
    Instansi MI Al Ittihaad citrosono
    Literasi dan numerasi terkait dengan kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk, baik berupa gafik, tabel, dan bagan, kemudian menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.
    Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.
    Kemampuan ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan cakap menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan.
    Keduanya berlandaskan pada pengetahuan dan keterampilan yang sama, tetapi perbedaannya terletak pada pemberdayaan pengetahuan dan keterampilan
    Keterampilan literasi numerasi secara eksplisit diajarkan di dalam mata pelajaran matematika, tetapi peserta didik diberikan berbagai kesempatan untuk menggunakan matematika di luar mata pelajaran matematika, di berbagai situasi.

    BalasHapus
  74. Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd.
    Asal Sekolah: SMAN7 Makassar
    Materi hari 3 sangat bermanfaat, kita dapat memahami AKM yang terbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi. TerimaKasih min atas ilmunya hari ini.

    BalasHapus
  75. Nama: Saina Pulukadang, S. Pd. I., M. Pd.
    Asal Sekolah: SMAN 7 Makassar
    Hadir materi ke 3.

    Materi hari ke 3
    Asesmen Kompetensi Merbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi.
    AKM Literasi Membaca tidak hanya mengukur topik atau kinten tertentu, tetapi berbagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks.
    Asesmen Numerasi
    Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan keterampilan, prilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.

    BalasHapus
  76. Nur Indah Kurniawati, S. Pd
    SMPN 11 Talang Ubi, Kabupaten PALI

    BalasHapus
  77. Materi Hari ke-3 sangatlah penting, saya yang sangat awam tentang dunia pendidikan menjadi berangsur paham, Terimakasih 🙏☺️

    BalasHapus
  78. Asesmen numerasi
    Suatu komponen yang mencangkup pengetahuan ketrampilan prilaku dan disposisi yang di butuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eka okta susyanti spd
      Sd N 3 sukadana baru lampung timur

      Hapus
  79. Asesmen Kompetensi Merbagi atas 2:Asesmen Literasi Lembaca dan Asesmen Numerasi.
    AKM Literasi Membaca tidak hanya mengukur topik atau kinten tertentu, tetapi berbagai konten beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks.
    Asesmen Numerasi
    Suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan keterampilan, prilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih

    BalasHapus
  80. Ani Juartini, S.Pd
    Alhamdulillah dengan adanya pelatihan ini dapat menambah wawasan dan ilmu dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah, semoga ke depan nya mutu pendidikan dapat meningkat di berbagai jenjang pendidikan, untuk pendidikan di indonesia.

    BalasHapus
  81. Saya senang ikut pelatihan ini banyak sekali ilmu yang bermanfaat untuk saya sebagai seorang guru 🙏

    BalasHapus
  82. Nita Sitanggang, S.Pd
    SMPN 1 Lumbajulu
    Pelatihan seperti ini hendaknya juga diadakan bagi peserta didik agar tidak takut ketika akan diikuti sehinggan tidak terjadi trauma seperti UN.

    BalasHapus
  83. SUHERLINA,S.Pd
    SMKN 1 SUSUKAN

    Dalam Asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi beeisi berbagai konten, beberapa tingkat proses kognitif dan berbagai konteks
    Dalam pelaksanaan AKM konten literasi terdiri atas jenis teks informasi ( beeisi informasi fakta) dan teks fiksi(cerita)
    Dalam penilaiannya Asesmen Literasi dan numerasi, mengukur konten tertentu yang di dasarkan pada kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari materi apapun

    BalasHapus
  84. Terimakasih semoga terus berjalan dengan baik dan lancar

    BalasHapus
  85. kembali hadir untuk menerima materi

    BalasHapus